Dinas Kehutanan Jateng Bakal Hijaukan Pegunungan Patiayam dan Kendeng

oleh -9 views
penghijauan jateng
Penghijauan lahan kritis di Pegunungan Kendeng pada tahun lalu. (Panennews.com/Ahmad Muharror)

Panennews.com – Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Wilayah II dan instansi terkait, berencana melangsungkan penghijauan di lahan kritis yang masuk wilayah Kabupaten Pati dan Kudus.

Hal ini semata untuk menyeimbangkan ekosistem. Terlebih adanya hutan gundul, dapat menyebabkan rawan terjadinya bencana alam seperti longsor dan banjir bandang.

Kepala Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Wilayah II, Harnawa mengatakan, konservasi itu bakal dilakukan di dua lokasi.

Untuk Kabupaten Kudus bakal disentralisasi di Pegunungan Patiayam. Sementara di Kabupaten Pati akan digelar di Pegunungan Kendeng.

Baca Juga :   Pohon Rasamala, Pohon Hutan Penghasil Kayu Berkualitas

“Kawasan itu rusak dan perlu penghijauan karena potensi terjadinya bencana seperti banjir serta tanah longsor itu sangat tinggi, kalau tidak segera ada tindakan,” ujarnya usai sosialisasi reboisasi kawasan hutan gundul di Hotel New Merdeka, Kamis (24/11/2022).

Dalam kesempatan itu, ia menyarankan agar masyarakat turut menjaga alam. Caranya yakni dengan menanam pohon buah yang berakar keras. Sehingga mampu menopang tanah dan menyerap air dengan baik, saat terjadi curah hujan tinggi.

“Kita berharap dengan menanam tanaman akar berat di kawasan hutan gundul, kedepannya bisa mengatasi masalah banjir. Tanamannya tak harus pohon jati, tetapi bisa mengganti sengon, ataupun pohon buah semisal alpukat,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.