Cica Matahari, Spesies Burung Endemik Jawa Barat

oleh -300 views
pexels-photo-6010644
Foto : Pexels

Panennews.com – Cica matahari merupakan salah satu spesies burung endemik yang keberadaannya saat ini sudah jarang ditemukan. Jenis burung yang satu ini biasanya memiliki nama lain seperti pentet matahari, cendet matahari, maupun cendet kembang.

Burung tersebut mempunyai nama Ilmiah Crocias Albonatatus ini masih bagian dalam keluarga Timaliidae. Spesies mereka biasanya juga termasuk dan tergabung dalam satu Genus yang disebut dengan Crocias.

Secara morfologi, burung cica matahari mempunyai bentuk tubuh yang tergolong sedang dengan ukuran panjang berkisar antara 20 cm, bagian tubuh tersebut dilengkapi kepala yang cenderung bulat. Adapun burung tersebut memiliki paruh tipis yang terdapat dalam jenis jantannya, sedangkan jenis betina memiliki paruh yang cenderung tebal dari biasanya.

Baca Juga :   Mengenal Budidaya Semut Rangrang

Selain itu, burung ini juga dilengkapi warna yang cukup bervariasi diantara warna tersebut biasanya hitam pekat dan juga coklat cenderung berwarna terang. Adapun warna pada tubuhnya juga dilengkapi garis yang cenderung rapi pada jenis jantannya, sedangkan jenis betina terdapat garis-garis yang abstrak atau tidak beraturan.

Sementara itu, habitat asli dari burung jenis ini biasanya hanya menempati daerah dengan dataran yang cenderung tinggi seperti daerah pegunungan, bukit, maupun beberapa dataran tinggi lainnya. Namun, burung endemik cica matahari saat ini persebarannya hanya sekitar di wilayah Provinsi Jawa Barat, oleh karena itu banyak dari kalangan masyarakat mengenal spesies burung ini dengan sebutan burung endemik Jawa Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.