Bawang Dayak, Tumbuhan Liar Endemik Kalimantan Berkhasiat

oleh -152 views
onion-3540502__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Bawang Dayak merupakan salah satu spesies tumbuhan liar yang kerap tumbuh subur pada wilayah iklim tropis. Tumbuhan tersebut biasanya dapat mudah kita temukan pada wilayah Kalimantan Tengah.

Jenis bawang tersebut memiliki nama Ilmiah Eleutherine Bulbosa yang masih termasuk dalam jenis Ordo Asparagales. Namun, spesies mereka juga masih tergabung dalam suku famili Iridaceae.

Secara morfologi, tumbuhan bawang dayak dapat tumbuh secara berumpun dan bergerombol dengan ketinggiannya yang mencapai kisaran antara 50 cm, biasanya tumbuhan ini disertai akar yang menjalar pada media tanamnya. Adapun akar tersebut dilengkapi dengan umbi-umbi berwarna merah cenderung ungu berbentuk bulat telur.

Baca Juga :   Sering Keliru, Ini Cara Mudah Membedakan Kunyit Dan Jahe

Selain itu, bawang dayak juga terdapat daun dengan warna yang cenderung hijau terang, biasanya daun tersebut jika memasuki musim penghujan dapat bermunculan bunga-bunga kecil berwarna putih pekat dengan serabut yang berada ditengahnya. Adapun ukuran daun bawang dayang memiliki panjang 3 cm, sedangkan bunga kecilnya memiliki ukuran yang berkisar antara 0.8 cm.

Sementara itu, bawang dayak dipercayai memiliki kandungan yang kaya akan senyawa fenol dan flavonoid seperti tannin, saponin, dan antosiannin. Biasanya dari senyawa tersebut dapat berubah menjadi antioksidan yang sangat baik dan juga sangat dibutuhkan oleh tubuh, sehingga dari kandungan senyawa tersebut banyak orang menilai dan mempercayai bawang dayak khas Kalimantan ini memiliki khasiat bagi kesehatan dan terlebih lagi bisa menyembuhkan berbagai keluhan penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.