Anemon Laut, Kerabat Ubur-Ubur Dan Terumbu Karang

oleh -391 views
sea-anemones-452916__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Anemon merupakan salah satu jenis hewan yang bentuknya cenderung mirip dengan tumbuhan. Jenis hewan yang satu ini biasanya dapat kita temukan pada dasar laut atau bawah laut yang cukup dalam.

Hewan tersebut mempunyai nama Ilmiah Actiniaria yang masih diklasifikasikan dalam kelas Anthozoa. Namun, anemon juga digolongkan masuk ke dalam famili Cnidaria atau yang biasa disebut dengan hewan laut yang menempel pada bagian laut.

Secara morfologi, anemon mempunyai bentuk tubuh yang cukup unik dan memiliki tekstur lunak cenderung menyerupai bunga, biasanya bentuk tubuhnya tersebut mempunyai ukuran panjang yang berkisar antara 1,5 meter – 2,5 meter. Adapun warna dari anemon ini bervariasi, biasanya anemon dapat ditemui dengan warna kuning, hijau, biru, maupun putih.

Baca Juga :   Menteri Trenggono Tegaskan Jaga Mutu Produk Perikanan Laut

Selain itu, tubuhnya juga dilengkapi beberapa bulu-bulu halus yang terdapat pada permukaan depannya, biasanya bulu tersebut digunakan untuk melindungi diri dari serangan-serangan musuhnya dan juga untuk bertahan hidup. Adapun anemon ini dapat bertahan hidup lebih panjang dari hewan laut lainnya, biasanya spesies anemon dapat memiliki umur berkisar antara 60 – 80 tahun lamanya.

Sementara itu, habitat dari jenis anemon biasanya dapat ditemukan pada dasar laut perairan tropis hingga kedalaman berkisar antara 32000 kaki. Biasanya pada dasar laut tersebut anemon ini sangat akrab dengan hewan laut jenis ubur-ubur maupun terumbu karang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.