Tips Ampuh Mengatasi Hama Burung Pada Tanaman Padi

oleh -90 views
Padi
Ilustrasi Tanaman Padi - Foto : Freepik

Panennews.com – Tanaman padi di tanah Indonesia dapat tumbuh subur dan juga menghasilkan panen yang maksimal. Namun, ketika salah satu jenis hama burung menyerang tentunya sangat mempengaruhi produktivitas tanaman padi tersebut.

Sayangnya, kebanyakan masyarakat tidak mengetahui tips-tips mengatasi hama burung yang menyerang. Meskipun begitu, berikut ini akan disebutkan beberapa tips ampuh mengatasi hama burung tersebut, adapun tips ampuh itu diantaranya.

Menanam Tanaman Berwarna

Tips mengatasi burung salah satunya dengan menanam tanaman yang berwarna terang, biasanya jenis hama burung akan takut dengan warna-warna cenderung terang sehingga tanaman padi terjaga dari serangan hama burung. Selain itu, dari warna terang tersebut, akan menjaga juga tanaman padi dari serangan hama kelelawar yang akan menyerang pada saat malam hari.

Baca Juga :   Produksi Padi Menurun Akibat El Nino, Jawa Tengah Tetap Surplus Beras

Memasang Jaring

Pasang jaring ditengah tanaman padi untuk dijadikan perangkap hama burung, biasanya hama burung jika ingin menyerang tanaman padi sudah terperangkap lebih dahulu dalam jaring tersebut, sehingga tanaman dapat terjaga secara maksimal. Selain itu, jaring ini pun tergolong banyak fungsinya, bukan hanya untuk mengusir hama burung, melainkan juga dapat berfungsi juga pada saat panen padi.

Sirami Secara Berkala

Penyiraman tanaman padi secara berkala merupakan salah satu tips ampuh dalam mengatasi hama burung, biasanya penyiraman tersebut dilakukan antara sore dan malam hari untuk mengantisipasi serangan hama burung pada saat sore dan malamnya. Selain itu, penyiraman secara berkala juga dinilai dapat menyegarkan kembali tanaman padi, sehingga semakin terjaga lagi produktivitasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.