Tanaman Endive, Sayuran Unik Tumbuh Di Tempat Gelap

oleh -47 views
Food growing in the garden in the Netherlands
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Tanaman endive merupakan salah satu tanaman sejenis sayur-sayuran yang kerap tumbuh subur pada wilayah iklim tropis. Biasanya sayuran ini dapat ditemukan pada campuran salad, roti isi, dan juga kudapan ringan lainnya.

Tanaman tersebut mempunyai nama Ilmiah Cichorium Endivia ini masih tergolong dalam famili sawi-sawian. Namun, spesiesnya tersebut juga masih termasuk dalam Genus Cichorium atau yang biasa disebut dengan kelompok tanaman punya cita rasa pahit.

Secara morfologi, tanaman sayur tersebut mempunyai dua sistem perakaran yaitu tunggang dan serabut. Biasanya akar tunggang tersebut berkembang dengan penyebaran pada tanah, sedangkan akarnya yang serabut dapat tumbuh lurus menjuntai pada pijakan bumi. Adapun warna akar tersebut biasanya berwarna coklat yang mempunyai ukuran berkisar antara 10 cm.

Baca Juga :   Makin Diminati, Produk Olahan Kelapa Sawit Kalsel Tembus Dua Negara Baru

Selain itu, tanaman endive juga dilengkapi daun yang cenderung lebar dengan ukuran lebar dikisarkan antara 10 cm, sedangkan panjang daunnya juga berkisar antara 20 – 25 cm. Daunnya ini terdapat tulang yang menyirip serta pada permukaan daun yang bergerigi, namun tekstur dan permukaannya cenderung halus. Adapun kebanyakan daun tersebut mempunyai warna hijau cenderung terang.

Sementara itu, pada habitat asli biasanya tanaman sayur tersebut dapat tumbuh subur ditanah yang gembur dan mudah terserap oleh air dengan tingkat kedalaman tanahnya tidak terlalu dalam. Namun, uniknya tanaman sayur ini dapat juga tumbuh subur pada intensitas cahaya yang cenderung kurang atau yang bisa disebut dengan tempat gelap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.