Sorgum Bisa Jadi Pakan Ternak, Bikin Bobot Meningkat

oleh -131 views
istockphoto-1188846697-170667a
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Sorgum merupakan salah satu tanaman hijau berbiji yang masih satu keluarga dengan tanaman jagung dan padi. Saat ini pun sorgum dinilai bermanfaat untuk ketahanan pangan dan dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas.

Sorgum tersebut mempunyai kandungan karbohidrat dan gizinya pun yang tergolong tinggi, sehingga biasanya sorgum ini banyak disebut oleh sebagian orang dengan pengganti nasi dan bahan pangan. Selain menjadi bahan pangan, sorgum pun dengan kandungannya bisa bermanfaat bagi ternak ruminansia.

Secara umum, tanaman sorgum memiliki nutrisi yang lebih dari tanaman hijau lainnya seperti rumput gajah, rumput Taiwan, dan juga jerami padi. Hijauan sorgum mengandung protein kasar yang berkisar antara 10 – 12 persen, kadar protein tersebut mendekati angka kecukupan gizi bagi hewan ternak, sehingga dinilai sangat cukup untuk kebutuhan gizi ternak ruminansia.

Baca Juga :   Harga Murah Daging Ayam Rugikan Pengusaha Daging Ayam Lokal

Selain itu, sorgum juga mempunyai kandungan konsentrat yang baik untuk melancarkan pencernaan hewan ternak. Biasanya kandungan konsentrat pada sorgum jika diberikan untuk hewan ternak dapat berkisar antara 4 kilogram, sehingga dinilai sangat cukup untuk memenuhi asupan konsentrat yang dibutuhkan pada hewan ternak.

Sementara itu, kandungan yang disebutkan diatas tergolong mampu merangsang tumbuh kembangnya hewan ternak, sehingga ternak tersebut dapat menambah berat bobonnya agar lebih gemuk. Adapun biasanya tanaman sorgum yang dijadikan pakan hewan ternak terletak pada bagian daun, biji, maupun batangnya, sehingga dengan begitu tanaman sorgum ini tergolong bisa untuk dijadikan pakan ternak penambah berat badan atau bobot ternak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.