Sering Dianggap Sama, Begini Perbedaan Ikan Nila Dan Ikan Mujair

oleh -372 views
fresh-tilapia-fish-freshwater-cooking-food-with-parsley-lemon-raw-tilapia-from-farm_73523-5524
Foto : Freepik

Panennews.com – Ikan nila dan ikan mujair merupakan jenis ikan air tawar yang saat ini tengah banyak dikonsumsi oleh sebagian masyarakat. Keduanya memiliki daging yang lezat cenderung gurih dan juga mudah didapatkan pada pasar tradisional maupun pasar swalayan.

Kedua jenis ikan ini sering dianggap sama, karena bentuk tubuhnya yang cenderung mirip. Namun, kedua jenis ikan ini juga memiliki perbedaan jika dilihat dengan secara seksama.

Secara umum, ikan nila mempunyai bentuk tubuhnya yang cenderung besar dengan ukuran panjang berkisar antara 15 cm dengan postur bulat dan juga mempunyai mulutnya yang kecil. Adapun mata dari ikan nila mempunyai ukuran kecil, namun bola matanya cenderung lebih besar.

Baca Juga :   KKP Kembangkan Budidaya Ikan Nila Sistem Bioflok Di Papua

Selain itu, terdapat juga sirip punggungnya yang lebih panjang dan juga terdapat garis-garis pada punggungnya. Biasanya bentuk dari sirip ikan nila pendek cenderung melebar yang dilengkapi warnanya berbagai macam, adapun ekor dari ikan nila terdapat garis-garis yang memotong tulang ekor.

Sementara itu, ikan mujair mempunyai bentuk tubuh cenderung lebih kecil dari ikan nila, biasanya ukuran panjang ikan mujair dapat dikisarkan 10 cm dengan postur tubuhnya yang lebih kecil. Mata dari ikan mujair terlihat lebih besar, sehingga berbeda dari ikan nila yang lebih kecil matanya. Lebih lanjut, sirip punggung ikan mujair lebih pendek dan juga bentuk sirip ikannya panjang, adapun mata dari ikan mujair mempunyai ukuran yang lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.