Mengenal Pohon Bayur, Dari Ciri Hingga Manfaatnya

oleh -286 views
forest-1868028__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Pohon bayur merupakan salah satu jenis pohon asli kawasan tropis yang menyebar diberbagai belahan benua Asia. Biasanya jenis pohon ini kerap menghiasi hutan-hutan lebat dataran tinggi maupun dataran rendah

Pohon tersebut memiliki nama Ilmiah P. Javanicum yang keberadaannya sebagian besar mendalami Pulau Jawa. Namun umumnya, pohon ini memiliki dua spesies lainnya yaitu bayur jantan dan bayur Sulawesi dengan cirinya pun berbeda.

Secara morfologi, pohon ini mempunyai ciri-ciri batangnya yang dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 45 meter dengan kulit permukaannya berwarna keabuan. Pada batangnya tersebut, terselip daun tunggal berseling dengan tangkai berukuran 3 – 6 mm. Daunnya berbentuk bulat telur yang memiliki ukuran berkisar antara 5 cm, biasanya daun ini berwarna hijau cenderung terang.

Baca Juga :   Saninten, Si Pohon Hutan Indonesia Yang Mulai Langka

Selain itu, pohon ini juga memiliki buah berbentuk silindris yang disertai rambut-rambut halus pada permukaannya. Biasanya dalam buah tersebut juga terdapat biji-biji kecil yang bersayap, biji tersebut dapat digunakan untuk penanaman kembali jenis pohon ini. Adapun warna buah tersebut memiliki warna hijau cenderung gelap dengan buah mudanya.

Sementara itu, pohon bayur juga dikenal mempunyai beberapa manfaat untuk keberagaman kebutuhan sehari-hari. Biasanya pohon ini kerap dimanfaatkan bagian batangnya untuk dijadikan kayu, karena kayu dari pohon ini dinilai memiliki bentuk unik dan juga memiliki daya tahan yang cukup lama. Sehingga kayu bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, biasanya kayu dari pohon ini dapat digunakan sebagai alat-alat rumah tangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.