KKP Kawal Ekspor 6.000 Lintah Hidup Ke Malaysia Dan Filipina

oleh -52 views
WhatsApp Image 2022-10-26 at 4.44.28 PM
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali sukses mengantar lintah hidup Bengkulu ke pasar internasional. Kali ini, 6.000 ekor lintah hidup dikirim ke dua negara, yakni Malaysia dan Filipina pada Rabu (26/10/2022) dari Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu.

“Dengan semangat gotong royong SKIPM Bengkulu terus menerus bersinergi dan berkolaborasi mendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Bengkulu. Hasilnya sebagaimana kita lihat hari ini melalui ekspor 6.000 lintah hidup,”. Ungkap Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Pamuji Lestari saat melepas ekspor di Bengkulu.

Tari memaparkan, ekspor ini terbagi dalam pengiriman 5.000 lintah hidup (Hirudo mannilensis) ke Malaysia dan sisanya ke Filipina. Dia pun mengapresiasi Sultan Lintah sebagai UKM Lokal Bengkulu yang terus membangun pangsa pasar lintah dengan mitra dari berbagai negara.

Baca Juga :   Komite III DPD RI Soroti Kelangkaan BBM Untuk Nelayan

“Terimakasih untuk pelaku usaha yang sudah bekerjasama untuk melaksanakan serangkaian proses quality assurance sehingga bisa melakukan ekspor,” ujarnya.

Selain itu, Tari juga turut mengapresiasi Bea Cukai Bengkulu, PT. Angkasa Pura II Bengkulu, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Bengkulu, Maskapai Garuda Indonesia dan Angkasa Pura Kargo yang telah bergotong-royong sekaligus berkolaborasi. Karenanya, dia mengajak agar sinergitas tersebut tetap terjaga dan bahkan semakin kuat.

“Kalau kita bersinergi dan berkolaborasi, pasti yang merasakan dampak positifnya masyarakat, terutama perekonomian di Bengkulu,”. Ungkap Tari.

Sementara itu, Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri mengucapkan terimakasih kepada Stasiun KIPM Bengkulu yang telah bekerja keras mendorong UMKM Bengkulu dalam menghasilkan produk perikanan yang mampu diterima pasar luar. Ke depan, Pemprov akan terus mendukung kegiatan ekspor ini dan segara berkoodinasi untuk segera merealisasikan Bandara Fatmawati Bengkulu menjadi Bandara Internasional.

Baca Juga :   Ungkap Penyebab Mamalia Laut Terdampar, KKP Libatkan Dokter Hewan dan Peneliti Oseanografi

“Ini suatu kebanggaan bagi kami dimana UMKM Sultan Lintah bisa menembus pangsa ekspor. Saya berharap UMKM ini bisa menjadi Inspirasi bagi kita semua terutama pelaku usaha perikanan di Provinsi Bengkulu,” terangnya.

Lebih jauh, pelepasan ekspor ini dihadiri Kapolda Bengkulu, Irjen Pol. Agung Wicaksono, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut, Letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana Ari Setiabudi, Kepala Bea Cukai Bengkulu,  Ardhani Naryasti, Kepala Kantor Imigrasi Bengkulu, Murdo Danang Laksono, Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Bengkulu, Bukhari, EGM Angkasa Pura II Bandara Fatmawati Bengkulu, Ngatimin K. Murtono dan GM Garuda Indonesia, Kun Aplika, serta FKPD Provinsi Bengkulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.