Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Bercocok Tanam Hidroponik

oleh -36 views
Hidroponik
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Hidroponik merupakan salah satu metode dalam budidaya penanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah yang tergolong luas. Saat ini metode tersebut sudah sangat terkenal pada dunia perkebunan dan pertanian.

Saat ini pun metode hidroponik sedang tren ditengah masyarakat luas yang memiliki hobi bercocok tanam. Sehingga metode tersebut banyak dari kalangan masyarakat yang menggunakannya, karena dinilai mempunyai beberapa kelebihan. Meskipun demikian, metode ini juga memiliki beberapa kekurangan.

Adapun kelebihan dari metode hidroponik salah satunya yaitu penggunaan lahan yang lebih efisien, metode tersebut dinilai sangat cocok digunakan pada lahan yang sempit. Karena metode ini mudah dirawat pada lahan sedikit, hal tersebut menjadi kelebihan tersendiri dari metode hidroponik.

Baca Juga :   KWT Di Kepulauan Seribu Utara, Panen 10 Kilogram Kangkung Hidroponik

Selain itu, kelebihannya juga terdapat pada penggunaan pupuk dan air yang lebih irit. Sistem hidroponik ini memang berbeda diantara sistem tanam perkebunan lainnya, sistem ini dengan lahan sempitnya bisa menghemat penggunaan air hingga berkisar 65 persen. Pada sisi lain juga, sistem ini pun dapat menghemat penggunaan pupuk seminimal mungkin.

Sementara itu, terlepas dari kelebihannya sistem tersebut, hidroponik juga mempunyai beberapa kekurangan yang salah satunya yaitu hasil dari media tanam yang tergolong sedikit. Sistem ini sangat cocok digunakan pada lahan sempit, dengan demikian hasil yang diperolehnya pun tergolong sedikit. Hal tersebut menjadi kekurangan dari sistem hidroponik.

Baca Juga :   Panen Melon Inthanon Di Lahan Screen House, Raup Banyak Keuntungan

Lebih jauh lagi, kekurangannya juga terdapat pada kebutuhan modal yang cenderung besar. Karena menggunakan metode ini pun harus disertai beberapa bahan-bahan yang tergolong banyak materialnya, sehingga dengan begitu dibutuhkan modal yang tergolong banyak. Hal tersebut pun termasuk salah satu kekurangan sistem hidroponik tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.