Bukan Hanya Satu Jenis, Kayu Sengon Juga Banyak Jenisnya

oleh -20 views
Lumber
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Kayu sengon merupakan salah satu jenis kayu yang mempunyai nilai ekonominya cenderung tinggi. Kayu tersebut berasal dari pohon sengon yang keberadaannya dapat tumbuh pada hutan-hutan iklim tropis.

Oleh sebagian orang mengira jenis kayu ini hanya memiliki satu jenis saja, namun kayu sengon juga terdapat beberapa jenis yang berbeda. Meski begitu, jenis kayu sengon ini pun banyak sekali orang tidak mengetahuinya, adapun jenis kayu sengon tersebut diantaranya.

Sengon Laut

Jenis kayu ini termasuk kategori dan masih dalam famili kayu sengon, ciri-ciri jenis sengon laut dapat dikenali pada permukaannya yang cenderung cerah. Selain itu, tekstur jenis ini pun tergolong lunak dan juga mudah dalam pembentukannya. Adapun biasanya jenis kayu ini dapat kita temukan pada wilayah Maluku.

Baca Juga :   Manfaat Kayu Cendana Yang Jarang Diketahui

Sengon Sulaiman

Sengon sulaiman ini masih dalam jenis kayu sengon, kayu ini dapat dicirikan pada permukaan kayunya yang cenderung mengkilap. Selain itu, jenis kayu ini pun memiliki serat-serat kasar pada permukaannya. Adapun tekstur dari jenis kayu sengon ini dinilai lebih keras dan tahan lama, biasanya jenis sengon ini dapat digunakan sebagai bahan-bahan bangunan.

Sengon Tekek

Masih termasuk dalam kategori jenis sengon, sengon tekek mempunyai ciri pada ujung batang kayunya terdapat warna coklat cenderung merah dengan permukaannya yang kasar. Selain itu, warna dasar kayunya pun mempunyai warna coklat terang, biasanya jenis sengon ini dapat digunakan sebagai bahan baku triplek, kertas, maupun kayu bakar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.