Agar Ikan Segar, Begini Tips Mudah Menyimpannya

oleh -90 views
fresh-uncooked-seafood-fish-flat-lay_23-2148637902
Foto : Freepik

Panennews.com – Ikan merupakan salah satu hewan penghuni air yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas. Ikan tersebut dinilai memiliki kandungan nutrisi beserta vitaminnya yang cenderung lengkap.

Ikan konsumsi juga memiliki daging yang cenderung lezat ketika disantap menjadi kudapan. Hal tersebut didapatkan oleh ikan tergolong segar, namun jika ikan tidak segar, ikan konsumsi pun tidak enak dimakan. Agar ikan konsumsi tetap segar, dibutuhkan beberapa tips untuk menyimpannya, adapun tips tersebut diantaranya.

Membersihkan Ikan

Sebelum disimpan tentunya ikan harus segera dibersihkan terlebih dahulu, guna untuk menjaga kebersihan ikan. Selain itu, ikan yang dibersihkan juga dapat menghilangkan bau tak sedap, sehingga dengan begitu ikan tersebut pun terjaga kesegarannya.

Baca Juga :   Agar Buah Semangka Tetap Segar, Begini Tipsnya Menyimpan Semangka

Simpan Wadah Tertutup

Setelah dibersihkan, lalu simpanlah ikan tersebut pada wadah atau tempat yang tergolong rapat. Biasanya ikan dapat disimpan pada kontainer atau pun kotak laci dan pisahkan dari campuran makanan atau barang lainnya. Selain itu, bungkus ikan tersebut dengan kantong plastik serapat-rapatnya. Hal ini dilakukan agar ikan tidak terkontaminasi dengan barang lainnya, sehingga ikan konsumsi pun tergolong segar ketika mau diolah.

Masukkan Kulkas

Agar terjaga kesegaran ikan konsumsi, maka harus dilakukannya untuk menyimpan dan memasukkan ke dalam mesin pendingin yaitu kulkas. Ikan tersebut akan bertahan lama kesegarannya didalam kulkas, biasanya ikan yang dimasukkan ke dalam kulkas akan bertahan lama dengan kisaran waktu 2 – 3 bulan. Selain itu, bersihkanlah kontainer pada kulkas, agar tetap bersih yang sehingga ikan tersebut tetap segar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.