Tips Mudah Mengatasi Penyakit Pada Budidaya Ikan Lele

oleh -30 views
Group of African Sharptooth Catfish (Clarias gariepinus)
Foto : Pixabay

Panennews.com – Ikan lele seperti yang sudah dikenal sebelumnya, merupakan salah satu jenis ikan tergolong tinggi nilai ekonominya. Dengan demikian, ikan tersebut saat ini telah banyak dibudidayakan oleh sebagian masyarakat.

Dalam budidaya ikan tersebut, tentunya tidak terlepas dari berbagai rintangan salah satunya penyakit yang menyerang ikan lele. Jika ikan diserang berbagai penyakit, tentunya sangat menganggu produktifitasnya. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan tips mudah diantaranya.

Pisahkan Ikan Yang Sakit

Tips pertama mengatasi ikan lele yang sakit dalam budidayanya yaitu dengan memisahkan antara ikan sakit dengan ikan yang sehat. Hal ini dilakukan agar tidak terjadinya penularan, terlebih lagi memutuskan rantai penyakit tersebut. Selain itu, memisahkan ikan tersebut dinilai lebih efektif untuk memelihara kondisi ikan yang sedang dibudidayakan.

Baca Juga :   Pesona Ikan Bawal yang Populer di Masyarakat

Beri Vitamin

Berikan ekstra vitamin pada ikan yang terserang penyakit, biasanya pemberian vitamin tersebut dilakukan antara pagi dan sore hari. Hal ini dilakukan karena untuk memberikan nutrisi pada ikan, sehingga ikan kembali segar kembali. Selain itu, vitamin tersebut juga membangkitkan dan menjaga imunitas pada ikan yang sedang dibudidayakan.

Jaga Kebersihan

Tips mudah selanjutnya yaitu dengan menjaga kebersihan pada kolam budidaya ikan lele. Biasanya dalam menjaga kebersihannya bisa dilakukan dengan cara menguras kolam budidaya, kolam tersebut dikuras dengan rentan waktu berkisar antara semingga dua kali. Hal ini dilakukan agar ikan kembali sehat dan juga menghindari bakteri penyakit yang menyerang ikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.