Tips Mudah Memilih Bambu Ampel, Untuk Furniture Dan Bangunan Rumah

oleh -372 views
golden-bamboo-345769__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Bambu ampel seperti yang sudah dikenal sebelumnya, merupakan salah satu jenis bambu tergolong tinggi nilai ekonominya. Pasalnya, bambu ini sangat mudah dibentuk untuk dimanfaatkan.

Bambu tersebut didapatkan dari tanaman bambu yang biasanya kerap mudah ditemukan pada hutan-hutan tropis di Indonesia. Saat ini penggunaan bambu tersebut tengah populer untuk furniture dan bahan bangunan, karena dinilai memiliki strukturnya yang cenderung kuat.

Namun, hal tersebut dituntut untuk memilihnya agar bambu dinilai kuat dan awet tahan lama, sehingga sangat cocok untuk dijadikan bahan furniture dan bahan bangunan. Adapun tips memilihnya yang pertama dengan pilih bambu yang sudah masuk ke masa pematangan.

Baca Juga :   Gayam, Pohon Peneduh Yang Amat Rimbun

Biasanya bambu yang dinilai sudah matang bisa dilihat dari usia yang berkisar antara 3 – 5 tahun dengan warnanya cukup tua dan kering, hal ini menandakan bahwa struktur bambu dinilai matang, sehingga cocok dijadikan bahan furniture maupun bahan bangunan rumah.

Selain itu, pilih juga bambu dengan yang mempunyai kerapatan daging batangnya cenderung baik. Hal ini ditandai dengan dalam bambunya tidak kisut pada permukaannya, adapun tekstur permukaan dalamnya dinilai basah sehingga bambu ini dinilai tahan lama.

Adapun selanjutnya dengan memilih karakteristik bambu yang tidak adanya kotoran melekat pada ujung bambu. Kotoran yang melekat pada ujung bambu, dapat menyebabkan pengeroposan sehingga bambu tidak tahan lama. Oleh karena itu, tipsnya dengan memilih bambu yang cenderung bersih pada ujungnya maupun setiap permukaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.