Tips Mudah Budidaya Ubi Jalar, Bikin Hasil Panennya Maksimal

oleh -694 views
sweet potatoes in farmland
Foto : Pixabay

Panennews.com – Siapa yang tidak mengenal dengan ubi jalar, ubi jenis umbi-umbian ini tengah populer dikalangan banyak masyarakat. Pasalnya, ubi tersebut dapat dimanfaatkan untuk campuran masakan, kudapan ringan, bahkan juga teman untuk menikmati secangkir kopi.

Oleh karena itu, banyak dari kalangan masyarakat membudidayakan ubi jalar tersebut. Agar hasil panen maksimal ketika budidayanya, dibutuhkan tips mudah. Adapun tips mudah tersebut yang pertama diantaranya dengan menyiapkan bibit unggul ubi jalar.

Siapkan bibit unggul yang berkualitas, bersih, dan sehat, sehingga nantinya bibit tersebut dapat berkembang. Selanjutnya, tebarkan bibit unggul tersebut pada media tanam, untuk hasilnya yang maksimal siramlah bibit tersebut secara merata dengan kisaran waktu antara pagi, siang, dan juga menjelang sore.

Baca Juga :   Bingung Merawat Tanaman Sukulen, Begini Tips Mudah Merawatnya

Selain itu, tips selanjutnya dengan pengolahan struktur tanah dan media tanam budidaya. Biasanya tanah pada budidaya umbi-umbian dapat tumbuh baik pada lahan gembur bekas sawa pertanian, adapun derajat keasaman pada tanah berkisar antara 5,5 – 5,7 ph untuk pertumbuhan tanaman ubi jalar yang cenderung ideal.

Sementara itu, lakukanlah pemupukan yang tergolong banyak untuk memberikan kesuburan pada tanah budidaya. Biasanya pada budidaya umbi-umbian dapat menggunakan pupuk organik berupa pupuk kandang, kompos, maupun cairan organik. Adapun pemberian pupuk tersebut dapat dilakukan secara berkala dengan kurun waktu sebulan 2 kali untuk hasil panen lebih cepat.

Baca Juga :   Bunga Krisan Sering Layu, Ternyata Ini Dia Penyebabnya

Lebih lanjut, setelah pemupukan tersebut, lakukanlah perawatan yang disertai dengan penyiraman secara teratur, agar lebih cepat panen dan hasil panennya pun dinilai maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.