Tanaman Kenop, Dengan Bunganya Yang Berwarna Ciamik

oleh -21 views
gomphrena-globosa-17803__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Tanaman kenop merupakan salah satu jenis tanaman tropis yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Biasanya tanaman ini mempunyai nama berbeda-beda disetiap wilayah seperti adas-adasan bagi wilayah Jawa dan Taimanatulu bagi wilayah Sulawesi.

Tanaman tersebut mempunyai nama Ilmiah Gomphrena Globosa L ini masih termasuk dalam famili Amaranthaceae. Kenop tersebut biasanya mempunyai macam-macam spesies bunga yang dikenal indah.

Secara morfologi, tanaman kenop dapat tumbuh pada ketinggian 1 – 1300 meter dari permukaan laut, dengan ukuran panjang tanaman berkisar antara 7 meter. Adapun bentuk daunnya tunggal dengan ukuran berkisar 3 – 5 cm dengan warna daunnya hijau cenderung terang.

Baca Juga :   Banyak Yang Ga Tahu, Ternyata Pisang Jenis Ini Banyak Manfaatnya

Selain itu, terdapat batang yang berwarna hijau cenderung merah, biasanya batang tersebut mempunyai cabang dengan jumlah maksimal 10 percabangan pada setiap tumbuhnya. Pada batang yang bercabang tersebut, biasanya dilengkapi dengan daun dan spesies bunga cenderung menarik.

Sementara itu, bunga dari tanaman kenop ini bersifat tunggal berbentuk bulat dengan ukuran berkisar antara 5 – 7 cm. Lazimnya, bunga ini dapat tumbuh lebat dan banyak pada musim penghujan tiba dan tidak jarang juga bunganya muncul setiap 2 bulan sekali dengan jumlahnya yang cukup banyak.

Baca Juga :   Manfaat Tersembunyi Antioksidan pada Buah Kurma

Lebih lanjut, bunga kenop ini mempunyai warna putih merah jambu dan juga banyak warna ungu cenderung terang. Dari warna tersebut banyak orang mengenal bunga ini juga dengan sebutan bunga dengan warnanya yang ciamik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.