Sederet Manfaat Pupuk Guano, Kaya Akan Nutrisi Untuk Tanaman

oleh -20 views
Pupuk Guano
Foto : Balai Karantina Kementan

Panennews.com – Penggunaan pupuk organik untuk tanaman memang sangat populer dikalangan banyak masyarakat. Jenis pupuk tersebut pun banyak macamnya yang dimulai dari pupuk kompos, pupuk kandang, maupun pupuk cair.

Namun, yang saat ini tengah populer yaitu pupuk kandang yang salah satunya dinamakan pupuk guano. Pupuk guano ini berasal dari kotoran kelelawar yang kaya akan kandungan nutrisinya sehingga baik untuk tanaman dan banyak manfaatnya, adapun manfaat lain yang diantaranya.

Baik Untuk Struktur Tanah

Pupuk guano memiliki 40 persen kandungan material organik yang dapat memperkaya nutrisi tanah, sehingga dapat memperbaiki struktur tanah agar lebih subur. Selain itu, pupuk ini juga mengandung bakteria dan mikrobiotik yang bermanfaat untuk memberikan nutrisi lebih pada tanaman.

Baca Juga :   Cegah Krisis Pangan, Mentan SYL Dorong Produksi Bibit Pertanian Skala Besar

Lebih Ramah Lingkungan

Jenis pupuk yang satu ini rendah kandungan mercuri maupun bahan-bahan kimia lainnya, sehingga dapat digunakan pada jenis tanaman tanpa terkecuali. Selain itu, dengan kandungan rendah mercuri tersebut pun tidak memberikan dampak negatif pada lingkungan dan dinilai aman untuk digunakan, sehingga tergolong ramah pada lingkungan sekitar.

Kaya Unsur Makro

Pupuk guano tinggi akan kandungan fosfor dan nitrogen yang baik untuk tanaman. Selain itu, kandungan tersebut dapat membentuk tanaman agar lebih bernutrisi dan merangsang tanaman agar lebih tumbuh berkembang serta terhindar dari jenis hama yang membuat tanaman tersebut layu bahkan cenderung mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.