Punya Nilai Ekonomi Tinggi, Begini Cara Mudah Budidaya Ikan Tenggiri

oleh -17 views
390024893-170667
Foto : Pixabay

Panennews.com – Ikan tenggiri seperti yang sudah dikenal sebelumnya, merupakan salah satu jenis ikan yang mempunyai nilai ekonominya tergolong tinggi. Karena ikan tersebut dinilai lezat untuk dikonsumsi dan diolah menjadi kudapan.

Dengan demikian, banyak dari kalangan masyarakat membudidayakan ikan tersebut. Dalam budidaya ikan tenggiri pun tergolong mudah namun ada beberapa cara yang harus diketahui, adapun cara mudah budidaya ikan tenggiri diantaranya.

Siapkan Kolam

Dalam budidaya ikan, tentunya harus disiapkan kolam yang tergolong luas. Biasanya kolam tersebut dapat berbentuk kolam terpal maupun kolam tanah. Adapun kolam yang sudah disiapkan, lakukanlah pengisian air yang tentunya air tersebut jernih dan terhindar dari campuran bahan kimia.

Baca Juga :   Cara Mudah Merawat Biji Kopi, Hasilnya Lebat Melimpah

Tebarkan Benih

Cara kedua yang dilakukan yaitu dengan menebarkan benih ikan tenggiri, biasanya benih ikan tersebut harus mempunyai keunggulan. Pilihlah benih yang unggul, agar ketika budidayanya tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, pilih benih yang sehat secara fisik, dan tebarlah benih tersebut pada kolam budidayanya. Biasanya benih tersebut didiamkan dalam kolam dengan kisaran waktu antara 1 – 2 bulan lamanya.

Proses Pemberian Pakan

Setelah menebar benih, lakukanlah pemberian pakan yang dinilai bernutrisi. Biasanya pemberian pakan tersebut dilakukan secara berkala antara pagi, siang, sore, dan juga malam. Adapun pakan tersebut bisa menggunakan pakan alami maupun buatan, pakan ikan alami biasanya menggunakan cacing sutera dan kutu air, sedangkan buatan bisa menggunakan pelet.

Baca Juga :   Target dan Progam Prioritas Perikanan Budidaya Tahun 2021

Beri Vitamin

Agar ikan tenggiri sukses dan menuai hasil yang banyak dalam budidayanya, berilah vitamin untuk mendukung produktifitas ikan tersebut. Biasanya pemberian vitamin dilakukan pada setelah pemberian pakan, lakukanlah hal tersebut hingga masa panen yang berkisar antara 5 bulan lamanya.

Masa Panen

Setelah melakukan proses dan cara budidaya yang disebutkan diatas, kini tibalah masa panen ikan tenggiri. Biasanya ikan tenggiri dapat dilakukan kisaran umur ikan tenggiri memasuki ke 6 bulan saat penebaran benihnya, adapun berat ikan yang dapat dipanen biasanya dengan berat 1 kilogram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.