Pohon Rasamala, Pohon Hutan Penghasil Kayu Berkualitas

oleh -19 views
beautiful-landscape-chui-fong-green-tea-plantation-thailand_78212-65
Foto : Freepik

Panennews.com – Pohon rasamala merupakan salah satu jenis pohon yang kerap tumbuh pada hutan tropis maupun sub tropis. Biasanya pohon ini banyak ditemukan pada daerah hutan pegunungan.

Pohon tersebut mempunyai nama Ilmiah Altingian Excelsa N ini masih termasuk dalam famili Hamamelidaceae. Banyak orang mengenal jenis pohon ini sebagai pohon yang punya nilai ekonomi tinggi.

Secara morfologi, pohon ini dapat tumbuh hingga dengan ketinggian yang berkisar antara 40 – 60 meter dengan diameternya berkisar 60 cm. Pohon tersebut dilengkapi daun yang berbentuk elips cenderung lonjong, letaknya bergiliran dan terbilang jarang yang diselingi oleh rantingnya. Adapun warna dari daun tersebut yaitu hijau cenderung terang.

Baca Juga :   Manfaatkan Hutan Sosial, Para Petani Kembangkan Vanili

Selain itu, terdapat batangnya yang berdiameter berkisar antara 80 – 120 cm, pada bagian kulit batang tersebut memiliki tekstur halus cenderung lembut. Adapun warna batang dari pohon rasamala mempunyai warna abu-abu dan terkadang jika dikupas lebih dalam akan mengeluarkan warna coklat terang.

Sementara itu, pohon ini dengan batangnya dinilai mampu menghasilkan kayu berkualitas, karena teksturnya yang tergolong halus. Biasanya kayu ini juga mempunyai bentuk yang berlekuk-lekuk dengan ukurannya cenderung ramping.

Lebih lanjut, kayu tersebut juga dinilai awet dan tahan lama, sehingga banyak yang memanfaatkan kayu berkualitas tersebut untuk digunakan sebagai bahan bangunan seperti pembuatan tangga, jembatan, dan alat-alat industri lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.