Pohon Kamper, Penghasil Kapur Barus Berkhasiat

oleh -147 views
camphor-tree-6735316__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Pohon kamper merupakan salah satu tumbuhan yang dapat tumbuh subur pada wilayah iklim tropis. Pohon tersebut saat ini tersebar pada wilayah Asia maupun Eropa.

Pohon kamper mempunyai nama Ilmiah Cinnamomum Camphora ini masih masuk ke dalam tumbuhan ordo Laurales dan masih masuk juga dalam famili Lauraceae. Pohon ini dinilai oleh sebagian orang mempunyai beberapa khasiat untuk kesehatan.

Secara umum, pohon ini tumbuh tinggi dengan kisaran ukuran antara 20 – 30 meter dan diameternya berkisar antara 23 cm. Daun dari pohon ini berbentuk mengkilap yang disertai aroma wangi cenderung khas, adapun daun ini memiliki warna hijau terang dan terdapat bunga putih kecil pada bagian belakang daunnya tersebut.

Baca Juga :   Daun Kenikir, Sayuran Hijau Lezat Sebagai Lalapan

Selain itu, batangnya cenderung panjang hingga mencapai kisaran antara 70 meter yang dihitung mulai dari akarnya. Batangnya memiliki ciri pucat dengan teksturnya cenderung kasar yang dilengkapi retakan vertikal pada permukaan batang tersebut.

Sementara itu, pohon ini dari batangnya menghasilkan kayu yang oleh sebagian orang dikenal dengan kapur barus. Kapur tersebut mempunyai aroma wangi yang sangat khas dan kandungan kapur tersebut memiliki saponin bahkan juga terdapat kandungan minyak atsiri yang dinilai tinggi.

Biasanya kapur barus oleh sebagian orang digunakan sebagai bumbu masak, obat tradisional, pengusir serangga, bahan baku alat kecantikan, bahan baku industri, dan dinilai juga banyak berkhasiat untuk kegunaan dan kebutuhan rumah tangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.