Pisang Tongka Langit, Buah Unik Dari Maluku

oleh -23 views
Bunch of red bananas fruits among green banana leaves on tree
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Pisang merupakan salah satu jenis buah yang kerap mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Pisang tersebut dinilai memiliki kurang lebih 200 spesies yang salah satunya spesies pisang tongka langit.

Pisang tongka langit mempunyai nama Ilmiah Musa Fei Group ini banyak ditemukan pada wilayah Maluku. Pisang tersebut dinilai memiliki juga tekstur empuk dan cita rasanya pun cenderung lezat serta bentuknya dinilai unik.

Secara umum, pisang ini berasal dari tanaman pisang yang tumbuh pada daerah Maluku dengan ukuran tanamannya berkisar antara 10 meter, lingkar batangnya mencapai kisaran 50 cm. Adapun daun dari tanaman tersebut berwarna merah cenderung hijau dengan ukuran panjang 25 cm, sedangkan lebarnya dikisarkan antara 15 cm.

Baca Juga :   Wakil Ketua DPRD Sulsel Apresiasi Pengembangan Porang dan Walet Kementan

Selain itu, tanaman ini dapat berbuah cenderung banyak pada musim penghujan, buahnya ini yang disebut dengan buah pisang tongka langit. Biasanya saat sedang berbuah, tandan daripada tanaman pisang ini mengarah ke langit, dari hal tersebut menjadi salah satu alasan buah ini terkenal dengan sebutan pisang tongka langit.

Sementara itu, pisang ini mempunyai bentuknya yang cenderung unik, keunikannya dapat dinilai dari kulit buah pisang berwarna merah. Biasanya spesies pisang lainnya terdapat kulit berwarna kuning kehijauan, namun pisang tongka ini berwarna merah. Lebih lanjut, adapun keunikan lainnya bisa dilihat dari teksturnya dinilai empuk dan cita rasanya dinilai lebih manis dari spesies buah pisang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.