Mengenal Ikan Tenggiri, Dari Ciri Hingga Habitatnya

oleh -1,518 views
Fresh mackerel fish (Scomber scrombrus) on ice
Foto : Pixabay

Panennews.com – Ikan tenggiri merupakan salah satu jenis ikan yang mempunyai nilai ekonominya tergolong tinggi. Ikan tersebut banyak ditemukan pada perairan beriklim sedang maupun iklim tropis.

Tenggiri pun mempunyai nama Ilmiah Scomberomorini ini masih satu kerabat dengan ikan tuna, tongkol, dan ikan kembung. Biasanya kelompok ikan tersebut dikenal dengan sebutan kelompok ikan Spanish Mackerel.

Secara morfologi, ikan tenggiri memiliki ciri-ciri tubuh unik yang terdapat garis lateral memanjang mulai dari ujung insang hingga akhir siripnya, garis tersebut berwarna biru cenderung kehijauan. Adapun bagian tubuhnya tidak bersisik serta mempunyai warna putih kebiruan, sedangkan ukuran dari ikan tersebut berkisar antara 21 cm.

Baca Juga :   9 Kecamatan Di Cilacap, Jadi Percontohan Budidaya Ikan Sidat Berkelanjutan

Selain itu, ikan ini pun mempunyai dua sirip berjari-jari keras pada punggung pertama dengan jumlah berkisar antara 14 – 17 buah, sedangkan pada punggung yang kedua berjari-jari lunak berkisar antara 19 – 23 buah. Biasanya ikan ini melindungi diri dari serangan musuh dengan menggunakan siripnya, kedua sisi sirip tersebut dapat dijadikan ciri ciri ikan tenggiri karena tidak didapatkan oleh ikan jenis lain.

Sementara itu, habitat dari ikan tersebut banyak ditemukan pada perairan laut yang biasanya hidup pada batu karang dan kedalamannya yang dangkal. Ikan tenggiri pun mampu menetap pada habitatnya yang cukup lama dengan kisaran waktu antara 10 – 12 tahun lamanya.

Baca Juga :   Agar Produktivitasnya Bagus, Begini Tips Dalam Memilih Ikan Mas Koki

Lebih lanjut, ikan tersebut pun banyak yang bermigrasi atau berpindah-pindah habitatnya karena tergolong dipengaruhi oleh temperatur air laut dan juga musimnya spesies mereka bertelur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.