Mengenal Burung Kutilang, Dari Cirinya Hingga Habitatnya

oleh -29 views
finch-6942278__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Burung kutilang merupakan salah satu jenis spesies burung pengicau yang bersuara merdu. Saat ini burung tersebut kerap populer dipelihara oleh sebagian masyarakat.

Burung dengan nama Ilmiah Pycnonotus Aurigaster ini masih termasuk famili dari Genus Pycnonotidae. Biasanya burung ini penyebarannya sudah cukup luas mulai dari Asia Tenggara bahkan bagian Eropa.

Secara umum, burung kutilang ini mempunyai ciri-ciri bentuk tubuh kecil dengan panjang tubuhnya berkisar antara 20 cm terdapat pada yang jantan, sedangkan yang betina terdapat ukuran berkisar 10 – 15 cm. Pada tubuh bagian atas terdapat corak berwarna coklat kelabu, sedangkan dibagian bawahnya terdapat putih cenderung abu. Adapun warna dominan burung tersebut yaitu warna coklat cenderung hitam.

Baca Juga :   Begini Cara Menghilangkan Bau Semen dan Terpal Pada Kolam Ikan

Selain itu, burung kutilang pun memiliki ciri paruh ekornya cenderung moncong yang didominasikan dengan warna hitam, sedangkan pada bagian tungging terdapat corak berwarna putih cenderung jingga yang menghiasinya. Namun, dengan demikian burung ini pun mempunyai ciri khas dengan kakinya yang berwarna hitam cenderung gelap.

Sementara itu, habitat asli burung ini terdapat pada area terbuka seperti perkebunan, pekarangan rumah, semak belukar, hingga hutan dengan ketinggian berkisar antara 1.600 meter diatas permukaan laut. Umumnya, habitat menyeluruh pada burung ini dinilai hampir ada disetiap dataran tinggi maupun rendah.

Baca Juga :   Cara Mudah Mengatasi Sapi Susah Makan

Lebih lanjut, adapun menurut sebagian orang kutilang berhabitat pada tempat tinggalnya berdasarkan ketersediaan makanannya, sehingga habitat mereka dipenuhi buah-buahan dan serangga yang merupakan salah satu pakan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.