Madi Hijau, Spesies Burung Ahli Kamuflase Yang Terancam Punah

oleh -652 views
istockphoto-689201708-170667a
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Burung madi hijau merupakan salah satu spesies burung hias yang dapat ditemukan pada pegunungan dan hutan-hutan Kalimantan. Burung tersebut memiliki tiga jenis spesies yang berbeda antara spesies satu dengan lainnya.

Madi hijau mempunyai nama Ilmiah Calyptomena Vindis ini masih termasuk dalam famili Eurylaimidae. Biasanya spesies tersebut yang terbesar dari genus Calyptomena.

Secara morfologi, burung madi memang memiliki ukuran cenderung kecil dengan ukuran yang berkisar antara 17 cm, adapun diameter dari burung ini berkisar antara 20 cm dilengkapi dengan ekornya yang cenderung bengkok.

Baca Juga :   Sesuai Arahan Mentan, Industri Pabrik Pakan Serap Jagung Lokal

Selain itu, burung ini terdapat juga paruh yang cenderung kecil, bahkan hampir tidak terlihat karena ditutupi oleh bulu-bulu halus pada permukaan badannya. Adapun kepala dan badannya berbentuk bulat dengan kaki dan ekornya pun demikian ukurannya.

Sementara itu, burung madi hijau ini dapat dikenali dengan warna bulunya yang khas yaitu dengan warna hijau daun cenderung terang. Bulu tersebut juga dilengkapi oleh warna hitam pada bagian sayap dan juga telinganya, adapun bulunya juga dapat bercorak membentuk seperti tiga garis yang cenderung melintang pada permukaan tubuhnya.

Baca Juga :   Penyakit Ekor Basah Pada Hamster, Ketahui Gejala Hingga Cara Mengatasinya

Lebih lanjut, warna hijau yang terdapat pada bulunya dinilai oleh kebanyakan orang dapat berkamuflase dengan lingkungan sekitarnya. Burung tersebut dinilai sangat pandai berkamuflase, sehingga dapat melindungi dirinya dari serangan musuh. Namun, sayangnya burung ini populasinya tergolong sedikit, sehingga terancam punah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.