Keunggulan Rumput Gajah Untuk Pakan Ternak

oleh -9 views
Rumput Gajah
Ilustrasi Rumput Gajah - Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Rumput gajah merupakan salah satu pakan alternatif untuk ternak ruminansia. Rumput ini tergolong mudah dan banyak ditemukan pada perkebunan maupun pekarangan rumah.

Umumnya, rumput gajah pun tidak serta merta untuk dijadikan pakan alternatif hewan ternak. Namun, rumput gajah pun dinilai mempunyai beberapa keunggulan sebagai pakan ternak,

Adapun keunggulannya tersebut yang pertama yaitu daunnya halus dan berbulu lembut, sehingga kerap mudah dicerna oleh hewan ternak. Hal ini dinilai baik untuk kesehatan ternak, tentunya akan memberikan produktifitas yang lengkap untuk ternak sehingga dapat mempercepat pertumbuhannya.

Baca Juga :   Mengetahui Fakta Si Burung Prenjak

Selain itu, rumput gajah pun mempunyai kandungan protein dan nutrisinya yang tergolong lengkap. Hal ini sangat dibutuhkan untuk hewan ternak ruminansia, untuk mendukung tumbuh kembangnya agar lebih sehat. Biasanya kandungan protein rumput gajah ini berkisar antara 10 – 15 persen, tentunya cukup untuk pakan ternak.

Sementara itu, kandungan serat kasar yang terdapat pada rumput gajah pun dinilai lebih rendah, sehingga menambah keunggulan untuk hewan ternak yang terlebih lagi untuk kesehatan pencernaanya. Biasanya serat kasar rendah sangat cocok diberikan untuk hewan ternak ruminansia.

Baca Juga :   Perkutut Jawa, Sang Pembawa 'Keberuntungan'

Lebih lanjut lagi, keunggulan selanjutnya yaitu rumput gajah dinilai kaya akan kandungan vitamin yang dibutuhkan hewan ternak. Adapun kandungan vitaminnya tersebut yang diantaranya vitamin A, B, D, B12, maupun vitamin E. Dengan demikian, keunggulan tersebut sangat cocok rumput gajah dijadikan pakan alternatif hewan ternak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.