Kenali Penyakit Pada Sapi, Begini Ciri-cirinya

oleh -164 views
Hewan Sapi
Foto : Panen News/amar

Panennews.com – Sapi merupakan salah satu hewan ternak yang mempunyai nilai ekonomi cenderung tinggi. Biasanya sapi tersebut dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia mulai dari susu, daging, bahkan kulitnya.

Dalam peternakannya, sapi dinilai aktif dan terhindari dari berbagai macam jenis penyakit. Namun, sapi juga bisa terkena penyakit yang biasanya menyerang dalam habitatnya, adapun jenis penyakit tersebut yang diantaranya.

Radang Limpa

Jenis penyakit radang limpa dapat menyerang pada berbagai jenis hewan ternak ruminansia yang salah satunya yaitu hewan sapi, penyakit tersebut biasanya menyerang pernafasan hewan ternak. Selain itu, terdapat juga lubang-lubang pada kulit sapi. Adapun ciri-ciri jika sapi terkena penyakit ini yaitu kesulitan bernafas dan demam yang cenderung tinggi.

Baca Juga :   Bebas Hama Penyakit, Ratusan Ton Ikan Beku Menuju Benoa

Penyakit Mulut Dan Kuku

Penyakit tersebut saat ini tengah menjadi wabah penyakit hewan ternak pada berbagai negara salah satunya Indonesia, penyakit ini biasanya menyerang sapi melalui mulut dan juga kukunya. Selain itu, hewan ternak yang dapat mengalami demam dan berkurangnya nafsu makan. Adapun ciri-cirinya bisa dikenali dengan kukunya yang terluka dan juga seluruh badan sapi lemas cenderung demam tinggi.

Ngorok

Penyakit ini juga sering didapatkan pada hewan ternak sapi, sapi yang terkena penyakit ini biasanya dapat menyerang pada bagian pencernaan dan juga pernafasannya. Selain itu, hewan ternak pun menjadi kurus dan juga lemes serta pada saat tidurnya kurang nyenyak. Adapun ciri-ciri jika terkena penyakit ini dapat ditandai pada tubuh sapi gemetar dan mata cenderung merah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.