Ini Dia 3 Keuntungan Pertanian Hidroponik, Salah Satunya Hemat Air

oleh -14 views
hydroponic-farm_3247-163
Foto : Freepik

Panennews.com – Hidroponik merupakan salah satu inovasi pertanian dalam dunia bercocok tanam. Hidroponik tersebut tidak memerlukan lahan luas, sehingga cocok digunakan untuk lahan dan media tanam yang tergolong sempit.

Saat ini banyak dikalangan masyarakat menggunakan inovasi pertanian tersebut, karena dinilai mempunyai banyak manfaat dan keuntungan bagi lingkungan dan manusia, Adapun keuntungan pertanian hidroponik tersebut diantaranya.

Hemat Air

Salah satu keuntungan hidroponik yaitu dapat menghemat air hingga 70 persen, karena inovasi tersebut memang dinilai tidak membutuhkan air terlalu banyak. Selain itu, media tanam tersebut dapat menyimpan makanannya sendiri yang tergolong banyak, sehingga media ini dinilai dapat menghemat air.

Baca Juga :   Kemenkop UKM Dorong Penguatan Koperasi Pertanian

Cepat Panen

Sebagian besar buah dan sayur untuk memasuki masa panen membutuhkan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun lamanya. Namun, jika menggunakan metode penanaman hidroponik dinilai cepat untuk memasuki masa panen tersebut, karena media tanam ini dapat mudah menyerap nutrisi untuk tanaman. Selain itu, hidroponik juga dapat mengontrol panas, mengontrol hama, dan juga cahaya yang cukup, sehingga dapat menyebabkan cepat panen.

Solusi Lahan Sempit

Sistem hidroponik tidak membutuhkan ruang dan lahan yang luas, karena hidroponik pun bisa dipraktikan pada ruang sempit, lahan sempit, dan juga pekarangan rumah yang minim terhadap lahan. Selain itu, sistem media pertanian ini juga tidak membutuhkan peralatan yang dinilai banyak, sehingga dapat memudahkan bercocok tanam lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.