Indonesia Ajak Rusia Kerja Sama Ekspor Produk Perikanan

oleh -22 views
Sekjen-Rusia (2)
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan mengupayakan penguatan kerja sama perdagangan produk perikanan dengan otoritas Rusia. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan nilai ekspor perikanan ke negara tersebut.

“Indonesia memiliki komoditas perikanan unggulan yang dapat mengisi kebutuhan pasar perikanan Rusia seperti udang dan rumput laut”. Ungkap Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar usai melakukan pertemuan bilateral dengan Russian Federal Agency For Fisheries, Ilya Shestakov, di sela-sela acara The V Global Fishery Forum & Seafood Expo Russia di Saint Petersburg, Jumat (23/09/2022) waktu setempat.

Antam menerangkan, dalam pertemuan bilateral tersebut pihaknya meminta kesepakatan penguatan kerja sama perdagangan produk perikanan dua negara bisa dikebut, sehingga bisa dilakukan penandatanganan dokumen di sela-sela kegiatan G20 di Bali pada November nanti.

Baca Juga :   Kementan Dukung Perluasan Akses Pasar Internasional Ekspor Buah

Selain itu, pihak Rusia, Shestakov, menyampaikan bahwa Rusia memiliki teknologi satelit pengawasan kapal penangkap ikan. Antam menyambut baik hal ini,

“kami dapat jajaki kerjasama lebih lanjut terkait alih teknologi pengembangan satelit pengawasan karena sangat dibutuhkan dalam menerapkan kebijakan penangkapan ikan terukur berbasis kuota”. Ungkapnya.

Sementara itu, Plt. Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Ishartini yang juga mendampingi kunjungan kerja ke Rusia tersebut menyampaikan terkait upaya menggenjot ekspor produk perikanan ke Rusia. Ishartini mengungkapkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, Rusia menjadi salah satu pasar potensial bagi ekspor produk perikanan Indonesia.

Baca Juga :   KKP Libatkan Calon Penerima Kapal Perikanan Bantuan Pemerintah

Pada kesempatan tersebut, Delegasi KKP melakukan kunjungan ke salah satu unit pengolahan ikan yang memproduksi olahan ikan dan rumput laut.

“Kami akan fasilitasi penjajakan peluang ekspor produk perikanan Indonesia yang dibutuhkan oleh industri perikanan Rusia”. Ungkap Ishartini.

Lebih lanjut, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono juga mengintruksikan jajarannya untuk terus meningkatkan kinerja ekspor produk perikanan. Menteri Trenggono juga terus mengembangkan komoditas unggulan untuk mendukung kinerja ekspor perikanan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.