Ikan Kodok, Biota Laut Dengan Tampilan Eksotis

oleh -14 views
underwater-213074__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Ikan kodok merupakan salah satu spesies ikan yang keberadaannya dapat mudah ditemukan hampir diseluruh Samudera. Biasanya ikan ini hidup pada kedalaman 15 – 75 meter.

Ikan dengan nama Ilmiah Antennaridae ini masih termasuk dalam spesies Ordo Lophiformes. Adapun spesies ikan laut ini dikenal dengan tampilannya yang cenderung unik.

Secara morfologi, ikan ini memiliki bentuk tubuh kecil dengan panjangnya yang berkisar antara 20 cm terdapat pada jenis yang jantan, sedangkan jenis betina dikisarkan mempunyai ukuran panjang 10 cm. Adapun tubuh dari ikan ini terdapat bintik hitam yang didominasikan warna kebanyakan oranye putih.

Baca Juga :   Ciptakan Produk Perikanan Berkualitas, KKP Dorong Harmonisasi Standar Nasional

Selain itu, tubuhnya dilengkapi sirip cenderung mirip tangan namun sirip tersebut tidak digunakannya untuk berenang, melainkan digunakan untuk berjalan. Biasanya sirip ini dapat membantu ikan kodok dalam melompat pada dasar laut kedalaman, sehingga akan membantu ikan ini kemana saja perginya.

Sementara itu, ikan ini dinilai mempunyai tampilan unik dan eksotis yang dilihat dari warna dan coraknya. Ikan ini kadang ditemui mempunyai warna beragam yang diantaranya putih, abu-abu, kuning, oranye, bahkan merah, adapun corak garisnya pun sangat beragam warnanya dimulai dari warna hitam, putih, dan cenderung kuning.

Baca Juga :   Belut Moray, Biota Laut Dengan Bentuk Tubuh Memanjang

Lebih lanjut, dari hal tersebut diatas, banyak dari sebagian orang menilai ikan kodok ini dengan sebutan ikan laut yang eksotis pada tampilan warna dan garis-garis coraknya, sehingga dinilai indah biota laut perairan Samudera ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.