Hewan Ternak Kena Penyakit Tetelo, Begini Tips Mudah Mengatasinya

oleh -18 views
Ilutrasi Peternakan Ayam
Foto : Getty Images

Panennews.com – Tetelo seperti yang sudah dikenal sebelumnya, merupakan salah satu penyakit dapat menyerang hewan ternak. Penyakit ini disebabkan oleh ND Virus yang secara umum dapat mematikan hewan ternak.

Biasanya hewan ternak yang terkena penyakit ini dapat menyebabkan gejala klinis diantaranya pilek, ngorok, nafsu makan menurun, kotoran lebih encer dari biasanya, dan juga demam cenderung tinggi. Adapun hal tersebut biasanya dialami secara berbarengan yang akan mengancam ternak pada kematian.

Meski begitu, saat ini penyakit tersebut dapat diatasi namun sayangnya banyak peternak unggas yang jarang mengetahuinya. Adapun tips mengatasi penyakit tetelo diantaranya dengan memberikan vitamin yang tepat pada hewan ternak, biasanya dalam pemberian vitamin tersebut dengan cara vaksinasi dan pastikan vaksin tersebut dengan takaran cukup.

Baca Juga :   Ternak Untuk Idul Adha Tahun Ini, Kementan Pastikan Tetap Aman

Selain itu, tips selanjutnya dengan memberikan suplemen untuk menambah daya tahan tubuh ternak agar lebih sehat. Biasanya suplemen tersebut dapat berbentuk cair, sehingga mudah dicernak oleh ternak. Adapun untuk pemberian suplemen dapat dilakukan setelah hewan ternak menyantap pakannya.

Sementara itu, melangkah pada tips selanjutnya dengan menjaga sanitasi pada kandang atau habitat ternak. Bersihkan kandang tersebut secara rutin dengan menyiram lantai kandang, tempat makan, maupun tempat minum hewan ternak, biasanya penyiraman tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan cairan disenfektan yang baik untuk ternak.

Baca Juga :   Banyak Yang Ga Tahu, Ternyata Ini Cara Mudah Menggemukan Sapi

Lebih lanjut, untuk memberikan dampak yang baik pada hewan ternak yang terjangkit penyakit ini. Lakukanlah konsultasi dengan dokter hewan setempat, guna menjaga kesehatan hewan ternak lebih lanjut. Mengingat penyakit ini berbahaya dan tidak lepas dari konsultasi dokter hewan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.