Daun Pegagan, Tanaman Liar Iklim Tropis

oleh -21 views
istockphoto-1250669521-170667
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Daun pegagan merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditemukan pada perkebunan maupun pekarangan rumah. Biasanya tanaman ini tergolong tumbuh liar.

Tanaman tersebut mempunyai nama Ilmiah Centella Asiatica ini termasuk dalam famili dan genus dari Mackinlayaceae. Spesies ini dinilai sudah menyebar ke berbagai negara-negara.

Secara morfologi, tanaman ini tumbuh tanpa batang namun mempunyai rimpang pendek yang punya ukuran berkisar antara 10 – 80 cm. Bentuk dari daun ini bersifat tunggal tersusun rapi berkisar antara 2 – 10 daun, adapun daun tersebut mempunyai warna yaitu hijau cenderung terang pada saat muda, sedangkan beranjak tuanya daun ini berwarna hijau kecoklatan.

Baca Juga :   Lempuyang Gajah, Tumbuhan Obat Tradisional

Selain itu, daun tersebut pun terdapat bunga majemuk dengan panjangnya berkisar antara 1 cm, sedangkan lebarnya dikisarkan 0,7 cm  dengan bentuknya cenderung bulat telur. Adapun warna bunga dari daun tersebut kebanyakan berwarna merah, biasanya dengan bunga tersebut daun ini dapat melindungi diri dari serangan serangga yang ingin memangsanya.

Sementara itu, habitat asli dari daun ini dapat tumbuh pada wilayah iklim tropis dengan kesuburan tanahnya yang dinilai cukup. Biasanya tempat yang disukai dari daun ini tempat cenderung lembab dan terbuka, hal tersebut sangat mendukung produktifitas daun ini agar tumbuh berkembang dengan baik.

Baca Juga :   Tips Mudah Dan Simpel, Memilih Buah Durian Manis Yang Berdaging Tebal

Lebih lanjut, terlebih lagi daun tersebut dapat mudah dijumpai pada perkebunan, pekarangan rumah, dan sawah dinilai lembab pada wilayah iklim tropis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.