Cara Mudah Memelihara Ayam Kapas, Cocok Dilakukan Untuk Pemula

oleh -40 views
Ayam Kapas
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Ayam kapas seperti yang sudah dikenal sebelumnya, merupakan salah satu jenis ayam tergolong unik. Pasalnya, ayam tersebut mempunyai bulu-bulu halus yang tidak semua ayam memilikinya. Oleh karena itu, dari hal tersebut ayam ini banyak dipelihara.

Namun sayangnya, banyak dari kalangan masyarakat yang tidak mengetahui cara memelihara ayam kapas ini. Dalam memelihara ayam kapas dibutuhkan cara mudah, adapun cara mudah tersebut diantaranya.

Siapkan Kandang Luas

Cara mudah yang pertama yaitu dengan menyiapkan kandang dalam ukuran yang cenderung luas. Hal tersebut agar ayam kapas dapat mudah berkembang biak serta dinilai nyaman. Selain itu, kandang yang luas juga dapat memberikan keluasan untuk bergerak ayam. Adapun biasanya kandang tersebut terbuat dari kayu atau pun bambu.

Baca Juga :   Ingin Budidaya Kedelai, Ternyata Begini Cara Mudahnya

Beri Pakan Bernutrisi

Dalam memelihara ternak tidak terlepas dari pemberian pakan yang bernutrisi untuk menjaga kesehatan ternak tersebut, beri pakan nutrisi lengkap pada ayam kapas berupa beras, jagung, maupun dedak. Biasanya pemberian pakan dapat dilakukan dengan kisaran waktu antara pagi, siang, dan sore.

Jaga Kebersihan Kandang

Agar ayam kapas tetap sehat dan juga terhindar dari berbagai jenis penyakit dalam memeliharanya, jaga kebersihan kandang dengan mencuci dan membersihkan sisa-sisa kotoran bekas pakan ayam. Selain itu, debu atau kotoran yang menempel juga tanpa terkecuali harus dibersihkan segera. Biasanya kandang ayam dibersihkan secara berkala dengan kurun waktu sebulan sekali, sehingga kandang ayam kapas dinilai selalu bersih dan ayam kapas pun nyaman dalam kandangnya.

Baca Juga :   Baru Tahu, Jenis Ayam ini Erat Kaitannya Dengan Ibadah Haji

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.