Cara Mudah Budidaya Buah Salak Pondoh Di Pekarangan Rumah

oleh -16 views
istockphoto-842420654-170667a
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Siapa yang tidak mengenal dengan buah salak pondoh, buah tersebut mempunyai cita rasa manis dan tekstur daging yang renyah. Sehingga buah salak menjadi buah favorit oleh sebagian orang.

Oleh karena itu, buah ini banyak ditanam dan dibudidayakan oleh masyarakat luas khususnya di Indonesia. Dalam budidaya, biasanya menggunakan media tanam pada perkebunan yang cukup luas dan dengan berbagai cara. Namun, saat ini budidaya buah tersebut dapat dilakukan pada pekarangan rumah dengan caranya yang tergolong mudah.

Media Tanam

Siapkan media tanam pada pekarangan rumah dan buatlah lubang pada lahan tersebut dengan ukurannya berkisar 50x50x50 serta jarak tanam 2×2. Setelah itu, tebarlah bibit buah salak dan gunakanlah sistem monokultur untuk merangsang bibit menjadi akar serta tumbuh subur.

Baca Juga :   Bingung Budidaya Sorgum, Ini Dia Cara Mudah Pembudidayaannya

Pemupukan

Setelah menyiapkan media tanam dan menebar bibit, cara selanjutnya yaitu dengan pemupukan. Berilah pupuk kandang maupun pupuk kompos pada media tanam buah salak, biasanya pemberian pupuk tersebut dapat dilakukan dengan intensitas waktu berkisar sebulan sekali. Selain itu, berikan juga cairan anti hama agar tidak menganggu tumbuhnya tanaman salak.

Perawatan

Jika sudah tumbuh tanaman salak, cara mudah selanjutnya yaitu dengan perawatan. Biasanya perawatan dapat dilakukan dengan menyiram tanaman salak sehari 3 kali, penyiraman tersebut secara merata. Selain itu, lakukan pembersihan pada media tanam salak, untuk menjaga tanaman salak bersih dari gulma dan hama tanaman liar yang menganggu, sehingga dapat menjaga produktifitas tanaman agar cepat berbuah dan cepat panen. Lakukan hal tersebut hingga masa panen, biasanya tanaman salak akan berbuah dan panen pada kisaran waktu 24 bulan lamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.