Capungan Banggai, Ikan Endemik Sulawesi Yang Hampir Punah

oleh -24 views
2-170667a
Foto : Pixabay

Panennews.com – Ikan capungan banggai merupakan salah satu ikan berpenampilan unik yang terdapat pada perairan Sulawesi. Ikan ini dikenal dengan nama capungan karena bentuk tubuhnya cenderung mirip dengan capung.

Ikan tersebut mempunyai nama Ilmiah Pterapogon Kauderni yang masih termasuk dalam famili dari Apogonidae. Biasanya keberadaan ikan ini kerap mudah ditemukan pada Pulau Banggai, Sulawesi.

Secara morfologi, capungan banggai memiliki bentuk tubuh pipih dengan mata besar berwarna hitam pekat, dengan bentuk mulutnya juga cenderung besar yang disertai gigi rahang atas dan rahan bawah. Adapun ikan ini memiliki dua buah sirip punggung dan terpisah, dimana satu siripnya mempunyai 6 – 8 jari-jari sirip. Biasanya warna ikan ini dilengkapi warna cenderung hitam yang dilengkapi tiga garis hitam.

Baca Juga :   Budidaya Lele Sistem Bioflok, Program KKP untuk Akselerasi Ekonomi

Selain itu, ikan ini juga memiliki ukuran panjang yang berkisar antara 8 cm untuk yang jenis jantan, sedangkan jenis betina terdapat ukuran panjang berkisar 6 cm. Biasanya ikan tersebut pada habitat aslinya mempunyai masa hidup yang dapat bertahan hingga berkisar 3 – 5 tahun lamanya, namun saat ini masa hidupnya pun sudah terancam.

Sementara itu, spesies ikan masa hidupnya yang terancam oleh kepunahan, dikarenakan ikan ini sering ditangkap secara berlebih untuk diperdagangkan menjadi ikan hias, sehingga populasinya pun cenderung berkurang dan tidak adanya pembudidayaan pada ikan tersebut. Lebih lanjut, hal demikian diatas menjadikan ikan endemik tanah Sulawesi ini terancam punah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.