Buntal Pisang, Spesies Ikan Beracun Dengan Nutrisi Tinggi

oleh -586 views
93217897-170667a
Foto : Pixabay

Panennews.com – Ikan buntal pisang merupakan salah satu jenis ikan omnivore yang keberadaannya dapat ditemukan pada laut dangkal. Ikan ini sudah menyebar hampir pada semua perairan Indonesia bahkan juga negara-negara Asia Tenggara dan Eropa.

Ikan tersebut mempunyai nama Ilmiah Tetraodon Lunaris yang masih termasuk dalam Genus Tetraodon dan tergolong famili dari Tetraodontidae. Biasanya ikan tersebut mempunyai beberapa bagian yang dikenal memiliki racun.

Secara morfologi, ikan tersebut dapat hidup berkembang biak pada habitatnya perairan tawar, adapun pada umumnya ikan ini juga menyukai perairan yang tenang dan cenderung berlumpur. Meski begitu, ikan buntal ini pada habitatnya sering dicampur adukan oleh spesies ikan lain dan juga mudah berkembang oleh jenis atau pun spesies ikan lain.

Baca Juga :   Ikan Lele Budidaya Mati Mendadak, Ternyata Begini Penyebabnya

Adapun ikan buntal ini memiliki bentuk tubuh panjang cenderung bulat yang disertai dengan mulutnya cenderung moncong, dalam mulut tersebut ikan buntal juga memiliki 4 buah gigi berseri yang diantaranya gigi rahang, gigi atas, gigi bawah, maupun gigi taring. Biasanya untuk melindungi diri dari serangan musuh, ikan ini dapat menggunakan gigi taringnya.

Selain itu, ikan ini juga memiliki satu sirip punggung, sirip ekor, maupun sepasang sirip dada. Adapun warna dari ikan ini biasanya memiliki warna hitam cenderung kuning yang disertai bulatan hitam dan juga guratan atau sayatan hitam yang terdapat pada permukaan ikan buntal ini.

Baca Juga :   Atasi Masalah Kemiskinan, Sumsel Tebar 200 Ribu Benih Nila Di Barru

Sementara itu, ikan buntal ini dikenal memiliki racun pada bagian otot dan jeroannya. Namun, racun tersebut tidak sampai pada dagingnya, dagingnya tetap bisa dikonsumsi oleh manusia, karena dinilai mempunyai kandungan nutrisinya yang cenderung tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.