Bikin Hasil Panen Meningkat, Begini Cara Membuat Pelet Pakan Lele Dari Kotoran Sapi

oleh -71 views
pellets-table-table_144627-46121
Foto : Freepik

Panennews.com – Dalam pembudidayaan ikan memang sangat berpengaruh pada pakan yang dikonsumsi ikan. Pasalnya, pakan tersebut dapat mempengaruhi dan menentukan hasil panen yang akan datang, hal ini dituntut memberikan pakan terbaik.

Pakan baik tersebut yang memberikan hasil panen meningkat yaitu salah satunya pelet dari kotoran sapi yang bernutrisi tinggi bagi ikan lele. Namun, pembuatan pakan pelet lele dari kotoran sapi ini jarang orang yang mengetahuinya, adapun cara membuatnya.

Siapkan Bahan

Cara pertama yang harus dilakukan dengan menyiapkan bahan utama berupa kotoran sapi dengan kisaran berat 10 kilogram. Simpan dan diamkan kotoran sapi tersebut selama lima hari pada ruangan terbuka, biasanya penyimpanan tersebut harus terkena sinar matahari secara lebih. Hal ini dilakukan agar kotoran sapi mengering dan terhindar dari banyaknya kuman.

Baca Juga :   Menteri KKP Dorong Perguruan Tinggi Kembangkan Starup Perikanan

Tuangkan Cairan Probiotik

Setelah bahan utama disiapkan, lalu tuangkan cairan probiotik untuk membuat kotoran sapi melumat dan lunak. Biasanya probiotik tersebut berjenis EM4 yang dapat digunakan, jenis tersebut dinilai bagus untuk pakan ikan.

Simpan Tempat Teduh

Cara selanjutnya setelah penuangan cairan yaitu dengan menyimpan kotoran sapi tersebut ditempat yang tidak terkena sinar matahari. Hal ini dilakukan agar kotoran sapi dapat mengering, sehingga dari sini lah awal proses pelet terjadi.

Proses Penguraian

Tunggu proses fermentasi atau penguraian, biasanya kotoran sapi yang masuk ke dalam penguraian dapat ditandai dengan perubahan warna. Adapun setelah berubah warna disarankan untuk menyimpan terlebih dahulu dengan kisaran waktu satu minggu lamanya, setelah itu dapat dilakukan pembentukan pelet yang bikin hasil panen jadi meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.