Benarkah Cacing Sutera Cocok Untuk Pakan Ikan

oleh -16 views
A heap of red worms
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Bagi anda pecinta ikan hias tentunya sudah tidak asing lagi dengan cacing sutera ini. Cacing tersebut merupakan salah satu jenis pakan buatan yang sangat potensial dan cukup populer dikalangan banyak orang bahkan pembudidaya ikan.

Pada umumnya, cacing sutera dapat mudah kita temukan pada daerah tropis dengan kondisi perairan berlumpur. Biasanya cacing ini dapat dikenali ciri-cirinya sebagai makhluk berkelompok, karena cacing ini memang sering berkelompok.

Adapun secara morfologinya, cacing ini memiliki warna tubuh dominan cenderung kemerah-merahan dengan ukuran tumbuhnya ramping, halus, serta mempunyai ukuran panjang berkisar antara 12 cm. Bentuk tubuhnya cenderung kecil yang melambai-lambai serta mempunyai tekstur lunak serta lentur dan juga mudah berkembang biak pada habitatnya.

Baca Juga :   Strategi KKP Bersama Kalikan.id Perluas Jaringan Pasar Ikan Hias

Selain itu, banyak masyarakat dari kalangan pecinta ikan hias maupun pembudidaya ikan menjadikan cacing sutera ini sebagai pakan utama atau pakan tambahan pada ikan. Karena cacing sutera dikenal mempunyai tekstur empuk sehingga dapat mudah dicerna oleh ikan, disisi lain juga cacing sutera memiliki kandungan nutrisinya yang tergolong lengkap.

Sementara itu, kandungan cacing sutera pun terdapat beberapa nutrisi yang diantara lainnya seperti protein, lemak, serat kasar, kadar abu, karbohidrat, maupun kandungan air. Dimana beberapa kandungan tersebut, memang sangat dibutuhkan untuk ikan, sehingga dapat membantu produktivitas ikan yang tentunya berdampak baik bagi kesehatan ikan.

Baca Juga :   Toman, Ikan Hias yang Mulai Populer

Lebih lanjut lagi, dengan demikian cacing sutera dapat dinilai bagus untuk pakan ikan dan sangat cocok karena kandungan nutrisinya tergolong lengkap, sehingga dapat membantu tumbuh kembang ikan agar lebih terjaga untuk kesehatan ikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.