Belut Moray, Biota Laut Dengan Bentuk Tubuh Memanjang

oleh -19 views
moray-2064538__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Belut moray merupakan salah satu biota laut yang kerap ditemukan pada laut lepas. Belut jenis moray ini mempunyai 200 spesies dengan ciri dan karakteristiknya yang dinilai berbeda-beda.

Belut tersebut mempunyai nama Latin Macrotema Calligans ini masih tergabung dalam satu suku Synbranchidae. Biasanya suku tersebut kebanyakan memiliki bentuk cenderung mirip ular.

Secara umum, belut moray ini berhabitat asli pada perairan tropis maupun sub tropis dengan kedalaman yang paling dangkal, biasanya belut ini dapat ditemukan habitatnya pada terumbu karang kecil dan besar. Namun, ada beberapa spesies dari jenis mereka berhabitat pada muara dan hilir sungai.

Baca Juga :   Nyatakan Perang Dengan Penyelundup Benur, KKP Jaga Keberlanjutan

Selain itu, dalam hal mempertahankan hidupnya belut ini dapat memangsa biota laut kecil seperti cumi, udang, maupun ikan-ikan kecil diantara terumbu karang. Biasanya belut ini dapat memangsa dalam kurun waktu yang berkisar antara 5 detik, tentunya hal tersebut dinilai sangat cepat.

Sementara itu, bentuk fisik dari biota laut ini mempunyai warna cokelat cenderung silver yang dilengkapi beberapa corak hitam pada tubuhnya. Adapun biota laut ini mempunyai bentuk tubuh memanjang yang berkisar antara 4 meter dengan bobotnya dikisarkan 36 kilogram pada saat dewasa, sedangkan pada saat lahirnya belut ini mempunyai ukuran panjang berkisar 2 meter dengan beratnya 10 kilogram. Lebih lanjut, belut moray ini dinilai lebih panjang dibandingkan spesies suku dan familinya, sehingga belut ini tergolong mempunyai bentuk yang panjang dibandingkan biota laut jenis lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.