Bawang Bombai, Spesies Umbi Penyedap Masakan

oleh -14 views
fresh-onion-bulbs-isolated-white_272787-576
Foto : Freepik

Panennews.com – Bawang bombai merupakan salah satu spesies umbi-umbian jenis bawang yang sangat mudah dijumpai. Bombai tersebut berasal dari jenis tanaman bombai.

Jenis bawang ini mempunyai nama Ilmiah Allium Cepa L yang masih satu kerabat dengan bawang merah. Adapun spesies mereka masih termasuk dalam famili Alliaceae.

Secara morfologi, bawang bombai memiliki umbi yang berbentuk dari lapisan besar dan bersatu. Pohonnya tumbuh tegak ke atas dengan jenis akarnya yang serabut, adapun pohonnya mempunyai ukuran yang berkisar antara 2 meter dengan serabutnya memiliki ukuran 10 cm.

Baca Juga :   Mengenal Kencur, Tanaman Rempah Khas Tropis

Selain itu, daun dari bawang bombai ini berbentuk seperti pipa memanjang. Namun, jika diperhatikan daunnya ini lebih panjang daripada daun bawang merah, adapun warna daunnya dilengkapi warna hijau cenderung gelap.

Sementara itu, terdapat juga umbi pada akarnya, umbi tersebut biasa disebut dengan bawang bombai ini. Ukuran bawang bombai berkisar antara 5 – 7 cm dengan dilengkapi warna putih cenderung kuning, bahkan tak jarang juga bawang bombai mempunyai warna merah.

Adapun bawang ini mempunyai tekstur cenderung keras pada saat sebelum diolah namun ketika sudah menjadi olahan, bawang ini pun dinilai lebih empuk. Cita rasa dan aromanya cenderung wangi khas, sehingga banyak dari kalangan masyarakat menggunakan bawang bombai tersebut menjadi campuran masakan.Lebih lanjut, biasanya bawang bombai ini pun bisa menjadi penyedap masakan, sehingga memberikan cita rasa penuh bagi masakan apa saja yang dicampurkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.