Bakau Hitam, Tanaman Tumbuh Subur Di Hutan Mangrove

oleh -24 views
Black Mangrove applies to an array of salt-tolerant tropical trees or shrubs
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Bakau hitam merupakan salah satu spesies tanaman semak yang mempunyai daun hijau cenderung lebat. Tanaman ini dikenal mempunyai manfaat bagi masyarakat sekitar pesisir pantai.

Tanaman tersebut mempunyai nama Ilmiah Rhizopora Mucronata yang masih termasuk dari famili Primulaceae. Bakau hitam tersebut biasanya dapat tumbuh subur pada habitat aslinya.

Secara morfologi, tanaman tersebut tumbuh panjang dengan ukuran yang berkisar antara 7 meter dengan akarnya menjalar pada permukaan tanah. Daunnya berwarna hijau cenderung cerah dan mengkilap dibagian atas, namun tampak hijau pucat pada bagian bawah daun. Adapun ukuran daun tersebut mempunyai panjang berkisar antara 7 cm, sedangkan lebarnya dikisarkan 5 cm.

Baca Juga :   Bersama Masyarakat, Presiden Joko Widodo Tanam Pohon di Area Bekas Tambang

Selain itu, bakau hitam juga dilengkapi bunga yang cukup unik dengan bentuknya cenderung seperti lampion, bunga tersebut berwarna putih cenderung hijau terang yang terletak pada bagian ujung batangnya. Adapun ukuran dari bunga tersebut mempunyai diameter 5,7 cm.

Sementara itu, spesies bakau ini telah menyebar ke sejumlah wilayah terutama pada daerah Asia Tenggara dan wilayah iklim tropis lainnya. Biasanya dapat ditemukan habitatnya pada Kawasan pesisir pantai yang tergenang oleh pasang surut air normal, adapun habitat aslinya yaitu banyak terdapat di Kawasan hutan mangrove.

Baca Juga :   Ternyata Punya Sederet Manfaat, Lahan Hutan Di Tanami Tanaman Pangan

Lebih lanjut, pada habitatnya di Kawasan hutan mangrove tersebut, biasanya tanaman bakau hitam ini paling banyak tumbuh banyak dan juga dinilai subur pertumbuhan dan perkembangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.