Udang Mantis, Biota Laut Dengan Habitatnya Tersebar Di Seluruh Dunia

oleh -440 views
339006088-170667a
Foto : Pixabay

Panennews.com – Udang mantis merupakan salah satu biota laut jenis udang-udangan yang habitatnya banyak ditemukan pada perairan. Biota laut ini banyak dikenal oleh sebagian masyarakat dengan sebutan udang belalang merah.

Udang tersebut mempunyai nama Ilmiah Stomatopoda ini masih termasuk famili dari Malacostraca. Biasanya udang ini sangat aktif pada malam hari dan memiliki ciri-ciri bentuk tubuh yang dinilai unik dan mempunyai habitatnya yang tersebar pada perairan mana pun.

Secara morfologi, udang ini memiliki bentuk tubuh yang terbagi atas tiga bagian yang diantaranya yaitu thorax, abdomen, dan tepson. Tubuhnya tersebut bersegmen-segmen dengan cangkang yang menutupi sebagian kepalanya cenderung menyatu dengan bagian dadanya.

Baca Juga :   Langgar Aturan, 6 Kapal Ikan Nelayan Kepulauan Seribu Ditangkap

Selain itu, udang tersebut juga mempunyai warna tubuh bervariasi seperti kecoklatan, hijau terang, maupun biru terang. Namun, warna tersebut bisa dipengaruhi terhadap habitatnya. Biasanya kebanyakan daripada udang ini dengan warna yang variasi biru hingga coklat.

Sementara itu, habitat asli dari udang mantis ini dapat mudah ditemukan pada perairan dangkal dengan dasarnya tersebut yang berlumpur pada pedalaman lautan. Adapun daerah penyebaran udang ini meliputi perairan Indo-Pasifik mulai dari Jepang, Australia, Laut Merah, Afrika Selatan, hingga ke Samudera Hindia.

Baca Juga :   Kuntul Kecil, Burung Cantik Yang Suka Menjelajah

Lebih lanjut lagi, udang mantis tersebut pun juga dikenal menyebar hingga ke perairan seluruh dunia dengan jumlahnya yang bisa mencapai kisaran antara 100 ribu dari 400 jenis mantis yang berbeda-beda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.