Pohon Angsana, Tumbuhan Hutan Tropis Penghasil Kayu

oleh -626 views
Giant stem of pterocarpus indicus tree against sun on summer day.
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Pohon angsana merupakan salah satu tumbuhan yang keberadaannya dapat dijumpai pada hutan tropis. Biasanya pohon tersebut tumbuh besar dan dengan bentuknya yang besar dapat berfungsi sebagai peneduh.

Pohon tersebut mempunyai nama Ilmiah Pterocarpus Indicus yang masih termasuk kategori famili Fabaceae. Pohon besar tersebut sering dimanfaatkan batangnya untuk dijadikan kayu.

Secara umum, pohon tersebut tumbuh setinggi berkisar antara 15 – 20 meter dengan batangnya berdiameter berkisar 2 meter. Adapun batang dari pohon tersebut berwarna coklat terang dengan bentuknya bengkok cenderung menonjol dan beralur dalam.

Baca Juga :   Mengenal Kayu Sonokeling, Dari Ciri Hingga Manfaatnya

Selain itu, habitat dari pohon ini dapat tumbuh hingga ketinggian berkisar antara 750 meter. Biasanya pohon tersebut jika dalam pembudidayaannya bisa mencapai ketinggian yang lebih tinggi dari yang disebutkan tadi, pohon angsana ini dapat tumbuh baik pada hutan yang tinggi.

Sementara itu, oleh kebanyakan orang pohon ini pada batangnya dikenal dengan penghasil kayu berkualitas. Batang pohon ini banyak dicari untuk bahan baku furniture atau mebel, adapun kayu dari batang pohon ini dilengkapi dengan warna yang coklat terang pada kayu muda, sedangkan kayu tuanya terdapat warna coklat gelap.

Baca Juga :   KLHK Canangkan Penanaman 25000 Mangrove Serentak Di Gorontalo

Lebih lanjut lagi, keberadaan pohon ini pada hutan-hutan tropis, dapat memudahkan untuk menghasilkan kayu-kayu berkualitas dengan sifat kayu tersebut yang tahan lama sehingga menambah keawetan tersendiri apabila dijadikan bahan baku mebel atau alat rumah tangga lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.