Mengenal Pohon Pinang, Batangnya Identik Dengan Momentum Lomba Kemerdekaan

oleh -298 views
plantation-343921__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Pohon pinang merupakan salah satu jenis pohon besar sejenis tanaman monokotil wilayah iklim tropis. Pohon tersebut mempunyai nilai ekonomi dan potensinya pun tergolong tinggi.

Pohon pinang tersebut mempunyai nama Ilmiah Areca Catechu yang berasal dari famili Palmaceae dan masuk ke dalam Genus Areca. Biasanya pohon pinang mempunyai batang yang cenderung tinggi.

Secara morfologi, pohon pinang ini memiliki sejumlah daun yang cukup bervariasi yaitu antara 7 – 10 helai setiap daunnya. Daun tersebut berbentuk menyirip majemuk dengan panjangnya yang berkisar antara 1 – 1,5 cm, adapun warna daripada daun pinang tersebut yaitu hijau cenderung terang dan biasanya terdapat anak daun pada setiap pohonnya berwarna hijau cenderung kuning.

Baca Juga :   Banyak Dikirim ke Luar Daerah Jadi Penyebab Harga Cabe Tinggi

Selain itu, diantara daunnya pun pohon pinang terdapat bunga berumah satu yaitu bunganya yang jantan dan betina yang berada dalam satu jangkauan. Bunga tersebut kebanyakan berada dibagian dasar tangkai diselipi daunnya, bentuk bunganya pun cenderung kecil berwarna putih.

Sementara itu, pohon pinang pun mempunyai batang yang tinggi dan tegak lurus, batang tersebut bisa mencapai ukuran yang berkisar antara 20 – 25 meter dengan diameternya berkisar 25 – 30 cm. Batang tinggi tersebut mempunyai ruas-ruas memutar pada pergelangannya, batang ini pun dinilai kuat ketahanannya.

Baca Juga :   Cuaca Panas, Petani Bunga di Badung Mengeluh Hasil Panen Menurun

Lebih lanjut, batang yang cenderung tinggi tersebut dapat dimanfaatkan oleh sebagian besar kalangan masyarakat Indonesia untuk digunakan dalam perlombaan memeriahkan kemerdekaan Indonesia atau yang lebih dikenal dengan lomba tujuh belas agustus dan tentunya sangat identik dalam momentum lomba tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.