Kumbang Penggerek, Serangga Perusak Lahan Pertanian

oleh -208 views
banded-ash-borers-4125960__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Kumbang penggerek merupakan salah satu spesies kumbang yang berukuran kecil dengan bentuknya cenderung seram. Kumbang tersebut kerap dijumpai pada lahan perkebunan maupun lahan pertanian.

Kumbang tersebut mempunyai nama Ilmiah Stegobium Paniceum yang masih tergabung dalam famili Ordo Coleoptera. Kumbang jenis ini biasanya banyak dinilai oleh sebagian masyarakat sebagai serangga hama yang dapat merusak.

Secara morfologi, bentuk tubuh dari jenis kumbang ini dinilai lebih kecil dengan ukuran yang berkisar antara 6 milimeter, adapun panjang tubuh dari serangga ini berkisar 5 milimeter. Karakteristik dan penampilan dari pada kumbang tersebut dinilai lebih keras serta tebal, adapun warna dari kumbang ini kebanyakan berwarna merah yang cenderung kebiruan.

Baca Juga :   Jenis Penyakit Ayam Serama, Kenali Penyebab Hingga Gejalanya

Selain itu, kumbang tersebut mempunyai sayap dengan tampilannya juga cenderung mengeras. Biasanya dengan sayap tersebut dapat dimanfaatkan kumbang untuk terbang dan hinggap pada daun-daun hijau, namun saat kumbang istirahat sayap tersebut pun dapat terlipat ke bagian bawah tubuhnya.

Sementara itu, habitat dari jenis serangga kumbang ini biasanya pada kebun-kebun pertanian yang dapat merusak tanaman pertanian. Serangga ini merasa senang menganggu pertumbuhan berbagai jenis tanaman yang mulai dari buah, batang, hingga daunnya yang akan merusak.

Lebih lanjut lagi, biasanya jenis kumbang ini dapat menyerang tanaman pertanian seperti tanaman kopi, jagung, padi, pohon kelapa, dan juga bambu yang ada disekitar perkebunan maupun lahan pertanian lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.