Ketahui Metode Budidaya Kerang Hijau, Sangat Mudah Dilakukan

oleh -36 views
istockphoto-1370125530-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Kerang hijau merupakan salah satu kudapan lezat yang tengah menjadi favorit oleh sebagian masyarakat saat ini. Kerang tersebut juga mempunyai kandungan nutrisi dan vitaminnya yang tergolong lengkap.

Hal tersebut menjadikan kerang hijau ini mempunyai nilai ekonomi yang cenderung tinggi, sehingga banyak dibudidayakan oleh kalangan masyarakat khususnya nelayan. Namun, lazimnya budidaya kerang ini punya beberapa metode atau cara yang jarang orang mengetahuinya, adapun metode budidaya kerang tersebut diantaranya.

Metode Tancap

Jenis metode pembudidayaan kerang yang satu ini dapat mudah dilakukan dengan mengumpulkan bibit kerang dari alam. Selain itu, bisa juga dengan menanam bibit kerang yang diikat dengan tali serta bambu berdiameter kisaran antara 15 – 20 cm. Adapun metode ini dapat dikembangkan dengan ikat bambu dengan tali yang dihubungkan ke dalam air.

Baca Juga :   Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono Ajak Nelayan untuk Vaksin

Metode Garis Panjang

Metode jenis ini melibatkan peregangan dua tali dengan pelampung, biasanya pelambung tersebut dapat menggunakan drum. Adapun cara kerja metode ini yaitu dengan memasukkan benih ke dalam pelampung tersebut dan siap dimasukkan ke dalam air, untuk hasilnya yang maksimal dan cepat panen lakukanlah pemeriksaan secara rutin maupun berkala.

Metode Rakit Tampung

Rakit tampung ini metode paling mudah dilakukan untuk pembudidayaan kerang hijau. Pasalnya, dari beberapa metode diatas membutuhkan peralatan, namun metode ini pun hanya dilakukan pada kolam dengan penyebaran bibitnya yang ditampung. Adapun dalam penampungan bibit kerang ini membutuhkan waktu yang berkisar antara 6 – 7 bulan untuk memulai masa panennya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.