Katang-Katang, Tanaman Jalar Pantai Berpasir

oleh -297 views
flowers-1185767__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Katang-katang merupakan salah satu jenis tanaman liar yang tersebar luas disepanjang wilayah tropis maupun sub tropis. Tanaman liar ini mempunyai fisik yang tumbuh dengan cara menjalar.

Tanaman katang-katang mempunyai nama Ilmiah Ipomoea Pescaprae ini masih termasuk dalam kategori famili Convolvulaceae atau yang lebih dikenal dengan keluarga tanaman berjalar. Spesies tanaman tersebut kerap tumbuh pada habitat yang lembab dan kerap tumbuh menjalar.

Secara morofologi, tanaman ini merambat diatas permukaan tanah dengan panjang yang berkisar antara 30 cm. Katang-katang mempunyai batang hijau cenderung coklat yang berakar pada setiap ruasnya, sedangkan daunnya berwarna hijau berbentuk bulat memanjang dan permukaannya yang licin serta mengkilap.

Baca Juga :   Jadi Bahan Pangan Strategis, Bapanas Dukung Pengembangan Komoditas Singkong

Selain itu, tanaman tersebut juga memiliki bunga berbentuk corong berwarna ungu lavender dengan tangkai bunga mempunyai panjang yang berkisar antara 3 sampai 16 cm. Adapun mahkota pada bunga tersebut dilengkapi warna ungu muda dan cenderung warna ungu tua.

Sementara itu, tanaman katang-katang ini berkembang biak secara vegetatif dengan sistem perakaran dari potongan tangkai dan biji. Adapun proses penyerbukannya dibantu oleh serangga seperti kupu-kupu, semut, kumbang, capung, maupun jenis serangga lainnya.

Lebih lanjut, tanaman ini pun pada habitatnya kerap tumbuh dikawasan lembab biasanya tumbuh dikawasan tanah pesisir pantai dan juga kerap muncul pada kondisi jalan berbatu. Biasanya tanaman liar ini pun tersebar luas pada wilayah-wilayah pantai berpasir yang beriklim tropis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.