Karet Merah, Penghasil Karet Yang Kini Jadi Tanaman Hias

oleh -200 views
pipal-2360560__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Karet merah merupakan salah satu pohon cenderung tinggi yang keberadaannya kerap ditemukan pada wilayah iklim tropis. Oleh sebagian orang mengenal pohon ini dengan sebutan karet kebo.

Karet merah mempunyai nama Ilmiah Ficus Ellastica yang termasuk dalam kategori genus Ficus. Biasanya pohon karet dapat diambil getahnya untuk dimanfaatkan sebagai bahan dasar karet, namun jenis karet merah ini tentunya berbeda.

Secara morfologi, tanaman karet jenis ini pun mempunyai ciri-ciri pada batangnya dengan tingginya mencapai kisaran antara 35 – 30 meter dengan diameternya yang berkisar antara 2 meter. Adapun panjangnya dari tanaman ini berkisar antara 10 – 15 cm, sedangkan lebarnya tersebut bisa mencapai kisaran 5 – 15 cm.

Baca Juga :   Manggis Lombok Diminati Negeri Tirai Bambu

Selain itu, terdapat daun berwarna merah dengan ukurannya besar cenderung tebal terdapat pada daun tua, sedangkan daun mudanya berwarna merah hati dengan kuncup daunnya tertutup. Karet merah pun terdapat bunga yang kerap muncul pada ketiak daunnya, biasanya bunga tersebut tunggal berkelamin satu dengan kelopak bunganya cenderung mirip mangkok.

Sementara itu, dengan ciri-cirinya pada tanaman karet merah yang disebutkan diatas, mempunyai keindahan tersendiri. Oleh karena itu, banyak dari kalangan masyarakat khususnya pecinta tanaman hias yang menjadikan tanaman tersebut pun sebagai pohon hias yang dapat menghiasi berbagai ruangan atau pun pekarangan rumah.

Baca Juga :   Pepaya California, Buah Asli Indonesia Berkualitas Dengan Cita Rasa Yang Manis

Lebih lanjut, terlebih lagi saat ini karet merah dinilai paling banyak yang ditanam oleh kalangan pecinta tanaman hias dengan ciri-cirinya bukan sebagai penghasil karet saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.