Jombang, Tanaman Bunga Iklim Tropis

oleh -165 views
nature-87287__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Jombang merupakan salah satu jenis tanaman berumpun dengan batangnya yang semu dan tidak berakar. Tanaman tersebut biasanya tumbuh liar pada kaki gunung maupun lapangan rumput serta pinggir jalan.

Tanaman jombang mempunyai nama Ilmiah Taraxacum Officinale ini masuk ke dalam famili Asteraceae. Biasanya jombang tersebut pun kerap tumbuh dan menyebar dengan subur pada daerah iklim tropis maupun sub tropis.

Secara morfologi, jombang mempunyai daun dengan bentuknya bergerigi yang dilengkapi warna daunnya hijau cenderung terang. Tanaman ini memiliki tinggi yang berkisar antara 10 – 25 cm serta pada pangkal daunnya bisa mencapai kisaran antara 6 – 15 cm, adapun permukaan daun tanaman tersebut biasanya dilapisi dengan rambut halus berwarna putih.

Baca Juga :   Agar Tidak Layu, Begini Tips Merawat Lidah Buaya

Selain itu, tanaman jombang ini memiliki lebar yang berkisar antara 2 – 4 cm dengan diameternya cenderung sempit berkisar antara 1 cm. Adapun dengan ukurannya tersebut, biasanya tanaman ini dapat ditemukan dan sangat mudah tumbuh pada lahan-lahan sempit.

Sementara itu, tamanan tersebut berbunga dengan satu tongkol bunga dan dilengkapi dengan mahkota yang berbentuk cakram. Biasanya bunga tersebut pun disertai putik cenderung panjang dengan jumlahnya yang berkisar antara 8 buah pada setiap bunga tanaman jombang yang tumbuh.

Lebih lanjut lagi, Adapun bunga tersebut biasanya keluar pada musim penghujan maupun musim kemarau pada wilayah beriklim tropis dengan tanahnya yang dinilai subur serta jauh dari serangan hama tanaman dan hama bunga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.