Jenis Hama Pada Tanaman Kopi, Begini Tips Mengatasinya

oleh -99 views
pexels-photo-1556665
Foto : Pexels

Panennews.com – Dalam berkebun tentunya tidak terlepas dari beberapa jenis serangan hama yang salah satunya pada tanaman kopi. Biasanya tanaman jika terserang hama dapat menyebabkan kematian dan gagal panen.

Ada beberapa jenis hama yang dapat menyerang tanaman kopi, biasanya hama tersebut dapat menyerang bagian batang, daun, cabang, bahkan juga menyerang buah kopi tersebut. Adapun jenis hama yang menyerang tanaman kopi dan begini lah tips mengatasinya.

Kutu Putih

Jenis hama ini biasanya menyerang pada daun dan buah dengan penyerangan awalnya pada akarnya. Selain itu, kutu putih ini dapat mengeluarkan cairan yang dapat menghinggapi kutu, sehingga tanaman kopi dihinggapi kutu yang dapat menyebabkan kematian pada tanaman. Adapun tips mengatasinya dengan memberikan cairan sumber infeksi yang disemprotkan pada tanaman.

Baca Juga :   Pengusaha Pangan Dukung Kementan, Tingkatkan Pangan Siap Ekspor

Hama Bubuk Buah

Hama ini menyerang dengan meletakkan telurnya ke dalam biji kopi, sehingga biji kopi dapat mengeras. Selain itu, hama ini dapat menyerang bagian akar yang akan menyebabkan kematian. Adapun tips mengatasi hama ini dengan memberikan siklus hidup bersih dan perawatannya secara berkala.

Hama Bubuk Cabang

Jenis hama ini menyerang dengan menggerakan cabang dan tunas-tunah muda, biasanya penyerangannya dapat dilakukan pada malam hari. Selain itu, hama jenis ini pun dapat menyerang juga ke daunnya yang akan menyebabkan kematian dan biji kopi pun mati. Tips mengatasi hama ini semprot dengan cairan anti hama yang akan memperbaiki cabang dan tunas muda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.